Sosialisasi Pembentukan Kampung dongeng “Ceria Bercahaya” Kab Lahat Tahun 2020

oleh -463 views

Lahat, IN Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Bunda Paud Kabupaten Lahat bersama dinas Pendidikan Kabupaten Lahat mengadakan Sosialisasi Pembentukan Kampung dongeng “Ceria Bercahaya” Kabupaten Lahat Tahun 2020. Bertempat Di ruang Meting Room STM N 1. Lahat, 11/12/2020.

(alt="")sosialisasi

Sosialisasi tersebut dihadiri Oleh Bunda Paud sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Ny lidyawati Cik Ujang beserta jajaran. Kepala dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Drs. Suherdin MM Beserta Jajaran, Serta Peserta Rakor Bunda Paud Se Kabupaten Lahat.

Kepala dinas Pendidikan Kab Lahat Drs. Suhirdin., MM. Mengucapkan Selamat datang kepada Bunda paud Lidyawati Cik Ujang tim Pengerak PKK dan juga ketua Impaudi Kabupaten Lahat.

Dalam Sambutanya, Drs Suherdin MM menjelaskan dalam peraturan presiden pelaksanaan tujuan pembangunan ada yang perlu kita ketahui. Bahwa diwajibkan bunda paud dan dinas pendidik berperan aktif dalam hal Pendidikan anak Usia Dini, anak anak kita merupakan cadang Bibit bangsa dan negara kita kedepan guna Membangun Negara kita.

“Faktor bangsa dan negara kita pada saatnya kita akan pulang dan Meninggal jadi yang akan melanjutkan perjuangan pembangunan Kedepanya adalah anak-anak kita generasi penerus kita.” Ucapnya.

Selain itu, Pendidikan usia dini penting bagi peranan kita, dengan meningkatkan pembentukan akhlak dan kedisiplinan anak-anak kita dilahat. Karna anak-anak butuh kasih sayang dan butuh perhatian.

“Peran bunda paud sangatlah penting, Dimana bunda paud adalah garda terdepan bagi kepala Daerah. Seperti gubernur, Bupati, camat, juga kepala desa bunda paud Pengerak di tengah masyarakat.” Terang kepala dinas pendidikan.

Sementara, Bunda Paud Kab Lahat Ny Lidyawati Cik Ujang, saat sosialisasi Kampung Dongeng menyampaikan. Saat ini kesadaran masyarakat untuk mendirikan Paud (pendidikan anak usia dini) semakin besar. Semua ini tidak terlepas dari peran dan dukungan Bunda PAUD. Bunda PAUD adalah figure dari ibu yang melekat pada istri kepala daerah masing-masing wilayah mulai dari Bunda PAUD Negara Indonesia hingga Bunda PAUD Desa/Kelurahan.

Apabila kepala daerahnya perempuan, Bunda PAUD dapat dialihkan ke Ibu Wakil Kepala Daerah yang memiliki potensi untuk berkomunikasi dengan setiap instansi pemerintah daerah atau sektor swasta dan elemen masyarakat dalam mengembangkan PAUD.

Peran Bunda PAUD adalah sebagai simbol sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan, keberadaan Bunda PAUD dapat memotifasi masyarakat dan pemangku kepentingan.

Bunda PAUD Kabupaten Lahat Ny Lidyawati Cik Ujang, dalam hal ini berperan sebagai figur dan tokoh sentral memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan penggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Kabupaten kecamatan desa Juga Kelurahan.

Sedangkan itu Bunda paud berkembang dengan tujuan kita semua sekaligus mensosialisasikan kampung dongeng. Sebelum tidur dahulu anak anak ketika mau tidur, Orang tua kita selalu bercerita tentang dongeng, Contoh Kancil dan Buaya.

Juga mengupayakan pendidikan di usia dini Disamping itu sudah di rencanakan program kerja (POGJA) tahun 2021.

“Sekarang memasuki zaman melenial, sudah ada hiburan hp/internet juga media televisi. Sehingga cerita dongeng tergerus oleh zaman. Pada saatnya kampung dongeng dapat kita kembangkan Kedepanya, dengan cara bersilaturahim terhadap anak anak kita dan mengenalkan apa itu dongeng.” Ungkap Bunda Paud.

Tujuan kita kedepannya agar anak kita kedepan menjadi Soleh/Soleha, Sehingga dapat menjadi generasi penerus guna membangun negara kita dikemudian hari. RIO

Print Friendly, PDF & Email