Sekretaris Daerah OKU Menghadiri Launching Pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan Satu Sumatera Selatan Secara Virtual

oleh -264 views
oleh

OKU, IN – Sekretaris Daerah OKU H. Achmad Tarmizi Menghadiri Launching Pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan Satu Sumatera Selatan Secara Virtual dari Gedung Keuangan Negara Palembang Bertempat di Ruang Video Conference Pemkab OKU, Jum’at (18/03/2022).

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru ketika menghadiri lauching pemberdayaan UMKM ini, menyampaikan saya yang paling bahagia pagi hari ini, kehadiran sebuah Kementerian yaitu Kementerian Keuangan menyatukan diri menjadi Kementerian Keuangan Satu. Jadi koordinasinya tidak begitu sulit bahkan nanti ada satu grahadi gedung yang ditempatkan dari semua Kanwil yang jadi satu data di daerah tersebut, ini mirip pelayanan terpadu satu pintu.

Tapi lebih bangga saya lagi, lanjut Deru ternyata punya perhatian khusus terhadap UMKM. Dimana UMKM di Provinsi Sumatera Selatan ini mendominasi dari sebagian besar profesi di atas satu juta pelaku UMKM.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Bupati Enos Terima Audiensi Rombongan PT PLN Icon Plus

Kalau kita simak dari perjalanan Covid-19 yang sudah dua kali ulang tahun yang paling tangguh adalah UMKM. Di saat para pengusaha besar bangkrut ada yang pindah tangan, ada yang PHK, tetapi UMKM tetap eksis.

“Disinilah mungkin yang saya anggap ada nilai ibadah tersendiri yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan satu ini memberikan perhatian dengan segala mitra-mitranya untuk memberikan modal UMKM,” lanjut Deru. Tetapi bukan sekedar modal saja tetapi ada tiga aspek yang mungkin harus kita perhatikan dalam UMKM yaitu keterampilan dan pasar.

Banyak yang punya keterampilan tidak punya modal, akan tetapi bila ada modal, tidak mengerti cara pemasaran, nah ini yang menjadi kendala.

Baca Juga :  Walikota Prabumulih; Jadikan Idul adha Sebagai Momen Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Pada kesempatan ini, Herman Deru minta tidak tanggung-tanggung kepada Kementerian Keuangan satu ini membantu terhadap tiga aspek ini. Mungkin ada jenis-jenis pelatihan, bisa ditambah lagi dengan pasarnya, baik pasar konvensional maupun pasar modern.

Dan mungkin diupayakan sebisanya tidak tumpang tindih jadi yang klusternya sudah dibantu oleh Himbara, misalnya OJK, BI atau oleh instansi lainnya, maksudnya kalau sudah keterampilan mungkin Kementerian Keuangan bantu modalnya, agar sebarannya bisa lebih luas.

Deru mengucapkan terima kasih atas kebaikan-kebaikan ini, mudah-mudahan ini yang tangguh diadopsi oleh seluruh instansi vertikal yang ada di Sumsel ini untuk dapat ekonomi di Sumsel lebih tangguh lagi.

Baca Juga :  Calon Bupati MURA Hj Ratna Machmud Di Dzolimi, Pihak Keluarga "ANCAM" Ambil Jalur Hukum

Dikatakan, pertumbuhan ekonomi di Sumsel tergolong baik di Sumatera ini, karena ditunjang oleh UMKM. Rata-rata permasalahan ke tiga ini, modal. Buktinya KUR selesai, pada tahun 2020 Rp. 4,4 trilyun, dan pada tahun 2021 Rp.8 trilyun lebih dan NPL nya nol baik bersifat komunitas maupun perseorangan.

Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan beserta jajarannya atas perhatian yang luar biasa ini, mudah-mudahan giat UMKM di Sumsel bisa tumbuh lebih baik lagi untuk menopang pembangun menjadi Sumsel tangguh yang pada akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(***)

Turut mendampingi Sekda pada acara ini, OPD Terkait dan Kabag Ekonomi Setda OKU.

Print Friendly, PDF & Email