Polres OKUT Melaksanakan Latihan Peningkatan Kemampuan P4

oleh -1,949 views

OKU Timur, INLatihan Peningkatan serta Kemampuan Personil Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres OKUT, dalam pelaksanaan tugas melakukan P4 (Penggerbekan, Penangkapan, Penghadangan dan Penggeledahan) Terhadap para Pelaku Tindak Pidana serta Olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Jum’at tanggal 20 November 2020 Pkl. 09.30 WIB bertempat di Pos Buser Opsnal Martapura Polres OKU Timur.

(alt="") polres OKUT

Pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres OKUT AKP I PUTU SURYAWAN SH.,SIk. Dan diikuti oleh KBO Sat Reskrim, KBO Sat Res Narkoba, Kaurmintu reskrim, Kanit Narkoba dan, Anggota Unit Pidum Sat Reskrim. Seluruh Personil Opsnal Sat Reskrim, unit Identifitkasi Sat Reskrim dan para Kanit Reskrim Polsek Jajaran Polres oku Timur.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon SIk MH, Melalui Kasat Reskrim AKP I. Putu Suryawan SH SIk didampingi Kasubbag Humas Polres OKUT AKP Hamdan Mahyudin. Membenarkan tim Sat Reskrim Polres OKUT telah melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kemampuan.

“Pelatihan tersebut dilaksanakan agar Personil Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres OKU Timur memahami dan menguasai tugas yang di emban oleh anggota.” Ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres OKU Timur AKP I PUTU SURYAWAN SH.,SIk. Dalam arahannya mengatakan bahwa dalam rangka penggunaan kekuatan tindakan kepolisian harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika Tersangka tidak melakukan perlawanan & bersikap kooperatif jangan melakukan kekerasan fisik sebaliknya jika melakukan perlawanan. Silahkan gunakan Tindakan Tegas & Terukur sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) penggunaan kekuatan, utamakan keselamatan sesama rekan maupun Masyarakat sekitarnya.

“Dalam melaksanakan tugas di lapangan sesuai SOP Body Vest Polri tetap digunakan untuk keamanan anggota Reskrim maupun Sat Narkoba namun tetap memperhatikan SOP pada saat melakukan Penangkapan jangan sampai terjadi salah prosedur.” Tegasnya.

Lanjutnya, Anggota Reskrim Polsek jajaran polres OKU Timur agar minta bantuan Unit Identifikasi dalam olah TKP, dan TKP harus diamankan terlebih dahulu, dengan tujuan agar TKP tidak rusak dan barang bukti tidak hilang atau berpindah tempat serta mohon petunjuk tindakan selanjutnya jika mendapat kesulitan dilapangan

“Dalam rangka melakukan penggeledahan harus teliti dan sigap terhadap situasi dan kondisi dilapangan maupun pengamanan barang bukti yang dicurigai.” Imbuhnya.

Selain itu, Tim Opsnal Sat Reskrim Polres OKU Timur sewaktu-waktu siap memback up Polsek jika membutuhkan bantuan.

“Dengan kegiatan ini mudah-mudahan dapat meningkatkan kemampuan dan memahami setiap tugas. Serta paham apa yang akan dilakukan anggota dalam melaksanakan tugas dilapangan.” Harapnya.

Setelah meneriman arahan dari Kasat Reskrim, seluruh Tim Opsnal Sat Reskrim Polres OKU Timur, Personil Sat Res Narkoba dan Kanit Polsek jajaran. Langsung melaksanakan pelatihan/ praktek P4. Penggerbekan, Penangkapan, Penghadangan dan Penggeledahan suatu Tindak Pidana Serta Olah TKP Kegiatan berlangsung selama 3 jam dan berakhir pukul 12.30 wib.

Print Friendly, PDF & Email