Plh Bupati OKU Hadiri Pembukaan Bimbingan Teknis Bagi Pelaku UMKM

oleh -207 views
oleh

OKU, IN – PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menghadiri Pembukaan Bimbingan Teknis Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten OKU, Bertempat di Auditorium Universitas Baturaja. (Selasa, 21/06/2022).

Bimbingan teknis bagi pelaku UMKM Tahun Anggaran 2022, dengan Tema “Menumbuhkan UKM Menjadi Tangguh dan Mandiri Sehingga Meningkatkan Penciptaan Lapangan Kerja, Pemerataan Pendapatan, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengatasan Kemiskinan”.

Kadin Koperasi dan UMKM Provinsi Sumsel, dalam hal ini diwakilkan oleh Kabid UKM Dr. Hj. Mega Nugraha SH, M.Si., Menyampaikan bahwa dilaksanakannya bimbingan teknis ini bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru yang berkarakter, handal, memiliki daya kreatifitas, dan inovasi yang tinggi, sehingga mampu bersaing di era globalisasi sekarang ini.

Selanjutnya, pendidikan, bimbingan, dan bekal pengetahuan secara intensif dan sistematis berdasarkan metode dan strategi yang disesuaikan dengan kondisi latar belakang peserta, dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan usaha saat ini, dan demikian dapat mempercepat produk perekonomian Provinsi Sumsel, khususnya di Kabupaten OKU.

Baca Juga :  Plh Bupati Bersama Sekda OKU Hadiri Acara Donor Darah Bagi PNS

Kami berharap dari pelatihan ini, kita semua menumbuhkan wirausaha baru dan menekan angka kemiskinan serta mengurangi pengangguran.

Rektor Unbara Ir. Hj. Lindawati MZ, MT., Menyampaikan bahwa kegiatan dari Dinas Koperas dan UMKM Kabupaten OKU sering bekerjasama dengan Unbara, untuk itu kegiata-kegiatan seperti ini sering berkolaborasi dan bersinergi, dengan tujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan pelaku UMKM khususnya yang ada di Kabupaten OKU.

Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumsel dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten OKU yang telah mengajak Unbara untuk selalu bersama-sama membuat kegiatan-kegiatan, salah satunya untuk meningkatkan pelaku UMKM.

Baca Juga :  Bupati OKU Berhalangan, Sekda Pimpin Apel Gabungan

Kita juga mengetahui bersama sejak pandemi Covid-19 2 tahun yang lalu, menurut kami pelaku UMKM ini sendiri justru bertumbuh, sehingga perlu pendampingan dan bimbingan sehingga pelaku UMKM ini akan bisa naik kelas.

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Menyampaikan bahwa memang benar UMKM ini merupakan nilai utama perkembangan perekonomian dan merupakan bagian penting pergerakan roda perekonomian disuatu negara/daerah.

Dan dimasa pandemi kemarin satu-satunya yang mempunyai eksistensi tinggi adalah UMKM, untuk itu dengan mencermati potensi alamiah yang terkandung di Kabupaten OKU, khususnya perkembangan UMKM dari aspek kuantitas usaha rumah tangga, kita tentunya berkeinginan bahwa ekonomi kecil terus bergerak maju dan tumbuh kembang dengan pesat sebagai bagian dari landasan ekonomi lokal.

Baca Juga :  Wabup OKUT Tinjau Lokasi Ruas Jalan Tumi Jaya

Langkah yang paling efektif untuk mendorong percepatan laju pemberdayaan ekonomi adalah penguatan sub sektor UKM dan koperasi, serta sektor industri skala mikro lainnya yang bersifat menunjang pertumbuhan ekonomi lokal, termasuk pengembangan sentra industri rumah tangga unggulan yang sangat potensial.

Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa setiap kesuksesan membutuhkan semangat dan jiwa pantang menyerah, maka dari itu jangan ragu melangkah, ciptakan motivasi dan inovasi dalam segala bidang dengan dilandasi manajemen yang tepat.(***)

Print Friendly, PDF & Email