KPU Kota Prabumulih Launching Aplikasi “Prabumulih Memilih”

oleh -425 views

PRABUMULIH, INSeiring kemajuan zaman di era globalisasi saat ini. Perubahan dalam segala lini kehidupan menuju ke penerapan digitalisasi modern untuk lebih menciptakan kinerja yang efesien dan praktis.

Komisi pemilihan Umum (KPU) kota Prabumulih hari ini membuka workshop penyusunan modul dan launching aplikasi “Prabumulih Memilih”, sekaligus penanda tanganan MoU Sekolah Demokrasi tahun 2022. Senin. 06/12/2021.

Kegiatan yang dilaksanakan Di Gedung Kesenian Rumah Dinas Walikota Prabumulih tersebut dihadiri juga oleh Ketua KPU Prabumulih Marjuansyah, S.IP., Asisten 1 Setda Pemkot Prabumulih Aris Priadi, perwakilan dari SMAN 3 prabumulih.

Asisten 1 Setda Pemerintah Kota Prabumulih Aris Priadi mengatakan dalam wawancaranya bahwa hari ini launching aplikasi e-Voting oleh KPU Prabumulih.

“Insya Allah akan banyak manfaatnya Aplikasi ini, terutama dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS, dalam setiap kegiatan terutama membiasakan diri dalam setiap kegiatan mulai melakukan digitalisasi,” ungkap Aris.

Ketua KPUD Prabumulih Marjuansyah, S.IP menjelaskan sedikit perihal aplikasi ini. “Seperti diketahui, selain sekolah demokrasi kita juga punya program yakni pendidikan pemilih berkelanjutan yang langsung dilaksankan di sekolah, dalam bentuk pemilihan OSIS secara serentak e-voting,” terang Juan.

Selanjutnya Juan menambahkan aplikasi ini bukan aplikasi yang kita buat sembarangan, jadi kita memerlukan waktu untuk itu. “Nama aplikasinya www.prabumulihmemilih.com , kita buat aplikasi ini tidak sembarangan, dan ini merupakan aplikasi berbasis website. Didalamnya nanti ada aplikasi e-Voting, pemutakhiran data pemilih, serta ada juga pendidikan bagaimana cara berkampanye secara online dan lain-lain,” tambah Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Kota Pagaralam ini.

“Aplikasi ini juga akan menjadi sarana kita untuk pemutakhiran data pemilih pemula di sekolah. Maka kita akan tahu nanti, mulai 2022 sampai dengan menjelang pemilu 2024 potensi pemilih pemula di Prabumulih. Saat ini aplikasi ini hanya bisa dipakai untuk pemilihan OSIS, pemilihan BEM di kampus-kampus dan juga pemilihan ketua OKP, dan ini real time, bisa diakses oleh siapapun,” ucap nya

Juan juga menambahkan akan sangat senang jika aplikasi ini bisa dipakai oleh sekolah-sekolah serta OKP yang ada di kota prabumulih. (Edi)

Print Friendly, PDF & Email