Polres OKUT Optimalkan Kinerja, Guna Menciptakan Kamtibmas, Dalam Menghadapi Pilkada Pada Masa Pandemi Covid-19

oleh -1,406 views

OKU Timur, IN – Polri memiliki kekuatan pelaksanaan tugas yang cukup lengkap hingga saat ini, yaitu Fungsi Operasional dan Fungsi Pendukung. Dalam mengoptimalkan kinerja dan menciptakan Kamtibmas yang aman, nyaman dan sehat, diungkapkan saat Press Release Polres OKUT, Senin, 19/10/2020 pukul 08.00 wib.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon Sik MH melalui kasubbag Humas Polres OKU Timur AKP Hamdan Mahyudin mengatakan, Untuk mengoptimalkan kinerja Polres OKU Timur dalam pelaksanaan kegiatan atau tugas-tugasnya, baik yang bersifat rutin maupun khusus (Operasi mantap Praja untuk Pilkada dan Operasi aman nusa untuk Pandemi Covid -19), maka diperlukan kebijakan umum dari Kapolres OKU Timur Sejak tanggal 19 Agustus 2020 hingga saat ini tanggal 19 Oktober 2020, untuk mengoptimalkan kinerja Polres OKUT. Kebijakan Umum Kapolres adalah Mendorong Satuan kerja maupun personel pengemban fungsi operasional dan fungsi pendukung secara seimbang, agar optimal dalam pelaksaan tugasnya dengan menerapkan :

  1. Sistem analisa dan evaluasi pencapaian kinerja Polres dan Polsek jajaran secara berkesinambungan,
  2. Memotivasi Satuan kerja dan personel pengemban fungsi agar memiliki kepedulian dan tanggung jawab dari dalam diri terhadap pelaksaan tugas-tugasnya. Untuk menjaganya agar tetap terpelihara, maka diterapkan sistem pemberian reward and punishment dari Kapolres OKU Timur,
  3. Mengedepankan upaya-upaya pencegahan gangguan Kamtibmas secara seimbang beriringan dengan upaya-upaya pengungkapan Kejahatan dan pelanggaran,
  4. Mendorong terwujudnya sinergitas antar pengemban fungsi di Polres OKU timur, juga dengan Polsek jajaran,
  5. Melakukan penyegaran (tour of duty dan tour of area) terhadap personel yang dianggap kurang optimal dan efektif dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

“Guna menciptakan keamanan ketertiban masyarakat dimasa Pandemi Covid 19, Pada kurun waktu 2 (dua) bulan, sejak tanggal 19 Agustus 2020 hingga 19 Oktober 2020, untuk terselenggaranya Pilkada secara sukses meskipun di tengah pandemi covid-19, Polres OKU timur telah menjalankan tugas-tugasnya (baik rutin maupun khusus), dengan beberapa pencapaian kinerja, dan pemberian reward.” ungkapnya.

(alt="") polres okut

Pencapaian kinerja dan reward yang diberikan antara lain kepada, Sat Reskrim berhasil mengungkap 13 kasus 19 tersangka dan 6 DPO, dengan kasus Curas, sebanyak empat kasus dengan empat tersangka, Curat tiga kasus dengan lima tersangka, senpi satu kasus dengan satu tersangka, penadahan tiga kasus dengan tujuh tersangka, karhutla satu kasus dengan satu tersangka, migas satu kasus dengan satu tersangka. ungkap DPO enam tersangka dengan empat kasus curas dan dua kasus curat. Unit reskrim mendapatkan reward dalam pengungkapan kasus pencurian dengan kekerasan pasal 365 dengan laporan polisi nomor : lp-b/24/xi/2019/sumsel/okut/sek mpa, tanggal 7 nov 2019 dengan kerugian Rp.151.000.000,- (seratus lima puluh satu juta rupiah).

Setelah itu, Sat Res Narkoba 14 kasus dengan 17 tersangka laki laki dua tersangka wanita dan DPO satu tersangka, dengan barang bukti Narkotika jenis sabu 59,7 gram extacy 73½ BUTIR / 32,51 GRAM. Sat narkoba mendapatkan reward dalam mengungkap tindak pidana penyalahgunaan narkoba dengan jumlah laporan polisi sebanyak 8 kasus dengan bb narkotika jenis sabu sebanyak 24,13 gram dan extacy sebanyak 13 butir.

Setelahnya, Sat Lantas perbaikan sistem pelayanan pada samsat, pertama dalam rangka pencegahan pandemi covid-19 di buat sistem antrian berbasis IT dengan nomor antrian yang terkoneksi dengan sistem pelayanan dan indeks Kepuasan masyarakat, adanya skat pembatas antara petugas dan Wajib Pajak, adanya batas antrian bagi Wajib Pajak, serta tempat cuci tangan dan pengecekan suhu bagi Wajib Pajak. Kedua, dalam rangka sistim pengawasan terdapat CCTV online di samsat Martapura dan Belitang, ketiga pembenahan sarana prasarana dan keterbukaan informasi pelayanan publik.

Seterusnya, Sat Intelkam melakukan silahturahmi dengan forkopimda dan elemen masyarakat, pada rabu 14/10/2020 pukul 08.45 wib di Aula Mapolres OKU Timur, dan mendapatkan reward karena mampu melaksanakan tugas, peran dan fungsinya serta mengasistensi pengemban fungsi intelijen di Polsek jajaran Polres OKUT, dalam melakukan deteksi dini (early detection) dan peringatan dini (early warning) melalui penyelidikan, penggalangan dan kontra intelijen terhadap aktor intelektual kelompok aksi, yang berencana melakukan unjuk rasa untuk menolak undang-undang cipta kerja (Omnibus Law) di wilayah Kabupaten OKU Timur.

Sesudah itu, Bagian Sumda dalam pencapaiannya, memberikan reward kepada personil polres oku timur dan polsek jajaran atas pengabdian, kerja keras, dedikasi, dan loyalitas yang telah diberikan selama kurun waktu dua bulan.

Selanjutnya, Sat Sabhara melaksanakan pengaturan, penjagaan dan patroli rutin siang dan malam hari pada jalur rawan kriminal dan rawan kamtibmas. Dengan menangkap satu orang membawa senpi dan satu orang membawa sajam. Dan memdapatkan reward dalam pencegahan terjadinya kejahatan jalanan diwilayah hukum Polres OKUT.

Sesudahnya, Sat Binmas optimalisasi kegiatan pembinaan dan penyuluhan kamtibmas, pertama Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah kejahatan seperti, pemasangan 103 spanduk himbauan kamtibmas di lokasi rawan C3 (Curas, Curat, Curanmor), serta menggiatkan pos kamling. Kedua, Cegah Karhutla dengan Jumlah Mitigasi Karhutla 3.498 giat.

Ketiga, Penanggulangan covid-19 dilaksanakan melaui Ops aman nusa II dan Ops Yustisi. Dalam ops yustisi bagi masyarakat Pelanggar Protokol kesehatan Covid-19 seperti tidak menggunakan masker, akan diberikan teguran berupa teguran tertulis 3.049 orang, teguran lisan 6.000 orang, sanksi sosial 5.230 orang, menyanyikan lagu nasional 662 orang, membersihkan fasilitas umum 1.605 orang, membaca pancasila 1.099 orang, samapta 1864 orang, total kegiatan pemberian sanksi pelanggar Prokes 16.546 orang.

Keempat, peduli terhadap 13 orang penderita kanker yang telah didata oleh bhabinkamtibmas, berupa bantuan uang dari donatur penggalangan dana oleh Polres OKUT, bantuan uang bulanan yang langsung ditransfer oleh donatur ke rekening pribadi penderita.

Sat binmas mendapat reward dengan meningkatkan kegiatan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan terjadinya kejahatan jalanan diwilayah Kabupaten OKU Timur.

Selain itu, Polsek SS III mendapat reward juara terbaik lomba kebersihan periode sep-des 2020, Sedangkan Polsek buay madang mendapatkan reward juara terburuk periode sep- des 2020.

Sudahnya, Unit reigiden, melakukan pembenahan sistem pelayanan dan peningkatan sarana / prasarana pelayanan pada samsat martapura dan samsat belitang.

(alt="") Polres OKUT

Sedangkan M. Jatra Gesang Khoiri, SE, mampu bekerja melebihi tupoksinya yaitu sebagai tauladan dalam pembinaan rohani dan mental personel baik di lingkungan internal Polres OKU Timur, maupun di lingkungan masyarakat dan kelompok keagamaan.

BAYU NUGROHO PUTRO karena telah berhasil melakukan deteksi dini (early detection), dan peringatan dini (early warning), melalui penyelidikan, penggalangan dan kontra intelijen, terhadap aktor intelektual kelompok aksi, yang berencana melakukan unjuk rasa untuk menolak undang- undang cipta kerja (Omnibus Law) di wilayah Kabupaten OKU Timur.

SUWANDI,A.md sebagai PS. Paurlog Subbag Sarpras Bag Sumda, karena mampu Menginventarisir, merawat, dan menyalurkan perbekalan umum, peralatan khusus, senjata api, dan angkutan. Melaksanakan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), dan
Memelihara fasilitas jasa dan konstruksi, listrik, air, dan telepon, Secara profesional, prosedural dan akuntabel.

IDHAM ASHADI sebagai Operator SIMAK BMN Polres OKU Timur yang dinilai berperan aktif, sehingga tercatat/terdata sebagai personil penerima penghargaan WTP ketujuh, dari Staf Logistik Mabes Polri.

BAIDOWI dan EDAR SURONO, berhasil melakukan ungkap kasus Tindak Pidana Curas dan Curat di wilayah hukum Kab.OKU Timur.

Bahkan, Bagian Ops dala.  Pencapaiannya, memperbantukan 100 personil pengamanan pilkada dan menyita 364 botol miras dan 215 liter dan 12 botol tuak.

Hingga, Sie Propam Telah Melaksanakan Sosialisasi tentang Netralitas Anggota Polri dan Pns di Lingkungan Polres OKU Timur Pada Hari Kamis tanggal 1 Oktober 2020 , dan telah dilakukan pemasangan Banner maupun Surat Telegram ke setiap Polsek – polsek tentang Netralitas Anggota Polres OKU Timur dan PNS Polri serta mamasang himbauan maupun anjuran tetang Netralitas Anggota Polri dan PNS di kantor KPU kab. OKU Timur maupun Kantor BAWASLU kab. OKU Timur.

“Untuk saat ini belum ada yang menemukan atau Laporan masyarakat, ke Sie Propam Polres OKU Timur. terkait personil Polri dan PNS yang tidak Netralitas dalam Pilkada 2020.”

Diakhir acara Press Release Kapolres juga mengingatkan, tetap patuhi protokol kesehatan, dengan gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun. KRAZ

Print Friendly, PDF & Email