Peringati HTN, Petani Andalan Ekonomi Nasional Pada Masa Covid-19

oleh -1,342 views

OKU Timur,  IN Memperingati Hari Tani Nasional (HTN) Ke 60, yang bertepatan pada tanggal 24/09/2020.

(alt="") Htn

Dengan mengusung tema, Petani Andalan Ekonomi Nasional Pada Masa Covid-19, dilaksanakan di desa ringin sari kecamatan belitang kabupaten OKU timur. Minggu, 27/09/2020

(alt="")HTN

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru SH MM Anggota DPR RI Hj Pearcha leanpuri B.Bus.,Mba, Dandim 0403 Letkol arh Tan Kurniawan SIP.,MAP, Dirut Bank Sumsel syamsudin, Kakanwil BNI Sumsel, Kepala BPTP (balai pengkajian tekhnologi pertanian) Dr. Atekan,

Kepala balai besar pengairan, Forkopimda, SKPD tk provinsi, tingkat Kabupaten, para camat, kepala desa, calon Bupati H Lanosin ST, tokoh pertanian, gapoktan, ibu-ibu TPPKK OKU Timur.

Dalam pantauan awak media, acara dan undangan tetap mematuhi protokol kesehatan, seluruh yang hadir menggunakan masker dan menjaga jarak.

Sekda OKU Timur, Jumadi S, Sos menyampaikan Sabutan Bupati OKU Timur HM Cholid Mawardi S.Sos.,M.Si. Hari ini dilaksanakan panen dan tanam padi di lokasi sawah yang di cetak sacara mandiri.

Cetak sawah merupakan program Eksensifikasi perluasan lahan guna mendukung kebutuhan pangan nasional.

Lanjutnya, Cetak sawah dapat meningkatkan rasio pemanfaatan lahan, mengurangi jumlah lahan terlantar, menambah area tanam, meningkatkan produksi padi dan pendapatan petani.

(alt="") HTN

Seterusnya, kabupaten OKU Timur telah memiliki area cetak sawah mandiri seluas 66 hektar yang terdiri dari lahan bekas kebun karet seluas 20 ha dan blukar atau ladang seluas 46 ha dilahan tadah hujan, dengan sumber air yang berasal dari sumur bor.

Selain itu, dalam kesempatan ini Kementrian melalui pemerintah kabupaten OKU Timur, akan menyerahkan bantuan kepada kelompok tani.

“Penyerahan secara simbolis sertifikasi beras organik, alat mesin pertanian dan benih padi berupa corn sheller dan power thresser kepada kelompok tani,  untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan, serta mendukung peningkatan ekspor.” ujarnya.

 

(alt="") Htn

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, SH.,MM mengatakan, pertanian di kabupaten OKU Timur sangat pesat,

selain itu pemerintah akan membagikan kartu tani, yang dikeluarkan oleh perbankan kepada petani.

(alt="") Prringatan

Kartu Tani tersebut, dapat digunakan dalam transaksi penebusan pupuk bersubsidi,

melalui mesin EDC (Electronik Data Capture) di sembilan pecer resmi resmi yang ada di kabupaten OKU Timur, Sampai dengan saat ini kartu tani yang sudah tercetak sebanyak 1.239 Kartu tani.

“pemerintah kabupaten OKU Timur, harus berkonsentrasi pada pertanian, pertanian merupakan kebutuhan pokok dalam kondisi apapun.” imbuhnya.

(alt="") peringatan

Gubernur juga akan mengadakan TMMD, serta akan mengangkat 1000 PPL sebagai hadiah di Hari Tani Nasaional (HTN) menggantikan PPL yang sudah pensiun.

“petani membutuhkan pembimbing untuk melaksanakan konsentrasi di bidang pertanian, sarjana pertanian jangan khawatir, akan kita tampung, tetapi sesuai dengan bidangnya.” pungkasnya

 

Print Friendly, PDF & Email