KEPALA DINAS KESEHATAN OKU TIMUR TERIMA KUNJUNGAN TEAM BPOM PROVINSI

oleh -819 views
oleh

OKU Timur, IN – Kepala Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sumatera Selatan kunjungan ke Kabupaten OKU Timur. Yang di terima langsung oleh Kadinkes H. Zainal Abidin, S.SIT.,MM.

Dalam kunjungannya kepala Balai Besar BPOM Yosef  Dwi Irawan mengatakan setiap warga negara Indonesia untuk berhak mendapatkan makanan aman, sehat dan bermutu maka kami harapkan dukungan secara nyata dari pemerintah setempat.

(alt="")bpom

Dirinya juga menjelaskan kunjungannya ke Kabupaten OKU Timur dalam rangka memperkenalkan kepada Bupati OKU Timur terkait 3 (tiga) Program Nasional yang akan kita laksanakan di Kabupaten OKU Timur

Baca Juga :  Hebat ! Bukan hanya MICE dan Sport, Sumsel kini Andalkan Health Tourism

“Ada 3 (tiga) program yang akan kita laksanakan yaitu Gerakan Keamanan Pangan Desa, Intervensi Pangan Jajanan Anak Sekolah, dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.” Ungkapnya.

(alt="")

Tiga program tersebut berbasis komunitas atau pemberdayaan komunitas yang mana untuk meningkatkan kesadaran komunikasi yang ada di sekolah dan di desa serta di pasar terkait arti penting keamanan pangan.

Di sela sela kunjungannya Yosef menyempatkan diri mengunjungi Pasar Tradisional Martapura masih ada ditemukan Zat Kimia Bleng. Dimana bleng dilarang untuk digunakan sebagai campuran bahan pangan karena akan berdampak pada kesehatan. Bleng seharusnya untuk disinfektan, antiseptik kemudian untuk di industri kaca namun kebanyakan disalahgunakan untuk campuran makanan.

Baca Juga :  LAGI LAGI BANDAR SABU WANITA DI LAHAT DI TANGKAP

“Kita juga temukan kosmetik ilegal tanpa izin edar, kosmetik seperti sering kita jumpai tidak hanya di OKU Timur saja melainkan di beberapa tempat apalagi sekarang ini jual beli secara online.” Jelasnya, Selasa 26/01/2021.

(alt="")bpom

Kepala Dinas Kesalahan Kabupaten OKU Timur Zainal Abidin mengatakan pihak menerima dan sambut baik kedatangan serta kunjungan kerja kepala Balai Besar BPOM  beserta rombongan karena sebelum kepemimpinannya kita juga sudah bekerja sama.

Baca Juga :  Tim Rampak Gendang Yon Armed 15/105 Tarik/Cailendra Meriahkan Penutupan Turnamen SSB U-12 Cailendra Cup 2022

“Apabila ada temuan maka kita akan cari solusinya bagaimana untuk menggantikan bleng itu sendiri, dimana kebanyakan bleng itu dijadikan campuran olahan makanan.” Paparannya.

Pihaknya akan lakukan pembinaan bagaimana agar mereka tidak menggunakan zat kimia (bleng) tetapi menggunakan alternatif lain seperti contoh untuk membikin kenyal bisa digunakan bahan campuran gandum.

“Kita juga sering melakukan pelatihan terkait bahannya bleng dan alternatif bahan campuran makanan yang aman dikonsumsi.” Pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email