Jadi Narasumber Acara Bawaslu Prabumulih, Donni Sebut Media Sarana ‘Fit and Proper Test’ Publik dalam Memilih

oleh -229 views
oleh

PRABUMULIH, IN – Peran media terhadap Pileg (Pemilihan legislatif) dan Pemilu 2024, yang akan dilaksanakan serentak pada 14 Februari dan 27 November 2024 mendatang sangat penting terutama dalam memberikan pendidikan dan pemahaman politik bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Donni SH, Ketua SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) kota Prabumulih, saat menjadi narasumber kegiatan Bawaslu kota Prabumulih, di Gran Nikita Hotel, jalan Jenderal Sudirman, kelurahan Muara Dua, kecamatan Prabumulih Timur, pada Jumat pagi, 13 Oktober 2023.

“Karena media memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi dan juga sebagai sarana sosialisasi mengenai proses dan ketentuan Pemilu, kinerja peserta pemilu, serta hak dan kewajiban pemilih,” ucap Donni.

Baca Juga :  Peran Penting Pj Walikota Ratu Dewa, Pemkot Palembang Sukses Raih WTP dari BPK RI Sumsel

Menurut dia, melalui peran tersebut pers maupun media massa ikut aktif memberikan pendidikan politik, sehingga bisa membantu masyarakat dalam menentukan pilihan politik mereka. Selain itu, lanjut ia, media juga sebagai sarana kontrol terhadap pelaksanaan pemilu.

“Pemilu tidak akan membawa perbaikan jika publik tidak mendapatkan informasi yang benar dan berimbang menyangkut sistem pemilihan serta kualitas calon legislatif dan calon presiden,” sebut dia.

Masih disampaikan dia, informasi yang diberikan media terhadap pelaksanaan pemilu juga sebagai sarana bagi publik untuk melakukan ‘fit and proper test’ dalam menjatuhkan pilihan terhadap calon pemimpinnya.

Baca Juga :  Diminta Kejelasan Jumlah Besi, LHP Tim Audit Jembatan Tanah Kering Malah Bahas Volume

Selanjutnya, dalam acara Bawaslu dengan tema ‘Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilihan Umum’ itu, Donni menyampaikan, bahwa media maupun pers di Prabumulih siap bersinergi dengan Bawaslu dan KPU dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang. Ia juga meminta pewarta agar tidak terjebak dalam persaingan antar calon legislatif maupun calon kepala daerah, dengan memihak pada calon tertentu bahkan aktif menjadi corong (tim sukses).

“Karena pers maupun Bawaslu, dan 2 penyelenggara pemilu lainnya, KPU dan DKPP, sama-sama adalah alat legitimasi demokratis dalam mengawal dan mensukseskan pemilu, sehingga akan melahirkan calon pemimpin yang hebat serta mementingkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ucap Donni.

Baca Juga :  Usai Sertijab, SMSI Beri Cindera Mata Kepada Bupati OKU Timur Periode 2016-2021

Sebelumnya, acara yang dipandu MC Yogi dan diisi session tanya jawab bersama 3 narasumber, yakni Kanit Tipikor Polres Prabumulih, IPDA Haryoni SH, Ketua SMSI Prabumulih, Donni SH, dan Kadis Kominfo kota Prabumulih, Drs. Mulyadi Musa M.Si ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Prabumulih, Afan Sira Okstrisma, yang diwakili oleh Bery Andika SE, serta dihadiri anggota komisioner Bawaslu lainnya, yaitu Lia Siska Indriyani S.Pd, Adi Satria selaku Ketua Panitia Kegiatan, Malikuswari sebagai moderator, dan puluhan anggota Paswascam se-kota Prabumulih. (***)

Print Friendly, PDF & Email