Peringati Hari Jantung Sehat, Pemkab OKU Timur Senam Bersama

oleh -1,201 views
oleh

OKU Timur, IN – Pemerintah Kabupaten OKU Timur senantiasa berupaya untuk merubah perilaku yang bersifat promotif dan preventif untuk mencegah penyakit jantung dengan melakukan Senam Jantung serta hidup sehat dengan berolahraga.

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sehat Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata bersama Yayasan Jantung Indonesia Kabupaten OKU Timur, Pemkab OKU Timur menyelenggaralan Senam Bersama dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis serta Donor Darah di bertempat di Taman Tani Merdeka Martapura. Minggu, 15/10/2023.,

Turut Hadir Gubernur Sumatera Selatan Periode 2018-2023 H. Herman Deru, Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., Ketua Perwosi OKU Timur Nur Inayah, S.Pd., Ketua ICSB OKU Timur Hj. Meilinda, S.Sos., M.M., Kepala OPD, Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten OKU Timur dan ratusan peserta senam sehat.

Baca Juga :  OKU Timur Peringati HKGN, 1900 Anak Sikat Gigi Serentak

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. yang juga sebagai Penasihat YJI Kabupaten OKU Timur mengatakan bahwa penyakit jantung dapat disebut sebagai “Silent Killer”, hal ini dikatakannya karena penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Untuk itu, Bupati meminta agar masyarakat OKU Timur untuk bersemangat untuk berolahraga agar terhindar dari penyakit khususnya Jantung, “Saya inginkan masyarakat OKU Timur bebas dari penyakit jantung, seperti halnya penyakit malaria yang sudah kita dapatkan sertifikasinya dari Kemenkes yang saya ambil langsung di IKN,” ucapnya.

Bupati juga mengucapkan selamat memperingati Hari Jantung Nasional, “Selamat Hari Jantung Nasional, terus bersemangat kita usir penyakit jantung di OKU Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua YJI Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. mengatakan bahwa selain senam, kegiatan ini juga dirangkai dengan donor darah serta konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, dengan adanya itu, dirinya berharap masyarakat dapat teredukasi dengan baik.

Baca Juga :  Wakil Walikota Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Pemkot Prabumulih

“Harapan saya dengan adanya konsultasi kesehatan dapat mengedukasi pasien untuk menjalankan panca usaha jantung supaya jantung kita tetap sehat dan bisa berdetak lebih lama lagi.” Imbuhnya.

Selain itu, dirinya berujar bahwa senam jantung ini bisa dipakai seluruh kalangan tanpa batas usia, “Senam ini ada serinya, jadi saya rasa sangat cocok untuk tubuh kita sesuai dengan usia, semoga senam jantung sehat ini bisa familiar di masyarakat dan bisa dipakai olahraga sehari-hari,” ungkapnya.

Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan Ratu Teny Leriva HD, S. Ked. yang turut berbaur dengan masyarakat mengikuti senam mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai seorang dokter muda dirinya membenarkan bahwa salah satu upaya untuk menyehatkan jantung adalah senam jantung.

Baca Juga :  Launching Desa Cantik Tingkat Provinsi Sumsel, Bupati Enos : Siap Mensukseskan

Dihadapan masyarakat, dirinya meminta langsung kepada Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. untuk melaksanakan kegiatan ini dengan rutin demi mempromosikan kesehatan jantung.

“Kesehatan jantung itu penting, bukan hanya untuk lansia saja, karena zaman sekarang sudah banyak kasus penyakit jantung yang dialami oleh generasi milenial dan generasi Z, untuk itu semoga Bapak Bupati merutinkan kegiatan yang sangat bermanfaat ini,” harapnya.

Pada kegiatan ini juga diserahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Vlog dengan Tema “Keren Tanpa Rokok” yang diselenggarakan oleh Diskominfo bersama YJI.

Print Friendly, PDF & Email