Bupati H. Lanosin ST, Hadiri Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Tahun 2020

oleh -425 views

OKU Timur, investigasinusantara.com – Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST didampingi Wakil Bupati OKU Timur HM. Adi Nugraha Purna Yudha, SH menghadiri Rapat Paripurna ke-XIX DPRD Kabupaten OKU Timur masa sidang 3 Tahun 2021, dalam rangka penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD OKU Timur terhadap LKPJ Bupati Tahun 2020. Bertempat di ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD OKU Timur. Rabu, 28/04/2021.

Rapat yang di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ir. Juniah, MP. Dalam penyampaian pandangan umum Fraksi-fraksi itu, mendapat beberapa saran, masukan serta apresiasi atas kinerja Pemkab OKU Timur.

Pada Fraksi PAN-INDO yang disampaikan oleh Zamharir, SE antara lain apresiasi terhadap capaian kinerja Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur selama tahun 2020 sehingga mendapat Predikat WTP,  dan terselenggaranya Pilkada 2020 di masa pandemi Covid-19, serta kinerja Disdukcapil yang responsif terhadap aspirasi masyarakat dalam pelayanan Administrasi kependudukan.

Setelah itu Fraksi Keadilan melalui juru bicara Rifda Erwin mengatakan, penyerapan anggaran penyelenggara di tahun 2020 secara menyeluruh melebihi 90 persen ini menunjukkan pelaksanaan pemerintah berjalan dengan baik. Disisi lain pihaknya juga minta agar segera menindaklanjuti visi-misi Bupati OKU Timur melalui BUMD terutama dibidang pertanian. dan Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat agar segera di laksanakan.

Selepas itu, Fraksi Hanura yang disampaikan Faisal Riza mendesak, kejelasan terkait dana bantuan untuk Pilkades sebesar 11 miliar, mereka meminta kejelasan berapa yang sudah terpakai dan tersisa.

Seusai itu, Fraksi PDIP yang di sampaikan oleh Syamsudin, SE mengatakan beberapa usulan rehab sejumlah infrastruktur, perlunya ditinjau kembali pada masyarakat yang menerima BPNT atau bantuan yang bersumber dari APBN maupun APBD.
segera dilakukan pemasangan PLN di Dusun Harisan Jaya yang saat ini baru terpasang tiang namun belum tersambungkan kabel kerumah-rumah.

Sesudah itu, Fraksi Demokrat. Jubir Maredon menyampaikan, perlunya meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas, Posyandu, Poskesdes.

Sedangkan Dinas Pariwisata diminta untuk membantu meningkatkan PAD dengan cara membuat satu wisata milik daerah. perbaikan di sejumlah infrastruktur, dan pemasangan lampu jalan dibeberapa titik.

Seterusnya, Fraksi Nasdem yang di sampaikan Denci Hesandri tentang LKPJ ini merupakan bahan evaluasi dan penilaian kondisi kinerja pemerintah yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2020 serta sebagai saran untuk memperbaiki kinerja Pemkab OKU Timur untuk tahun yang akan datang.

Menyusul dari Fraksi PKB yang di sampaikan Suhartono menyarankan, perlunya perbaikan rehab infrastruktur disejumlah lokasi, baik jalan, jembatan, pembuatan talud, normalisasi sungai disejumlah lokasi.

Kemudian dari Fraksi Gerindra Yang di sampaikan Irlan SE Mengatakan agar Bupati melalui Dinas terkait segera menyelesaikan sengketa pilkades dibeberapa desa. Per baik fisik dan Non Fisik di Programkan pada Musrenbang dan RPJMD.

Meminta Bupati segera merealisasikan pembangunan fisik demi terwujudnya pembangunan di OKU Timur.

Terakhir dari Fraksi partai Golkar yang di sampaikan oleh Firmansyah, mengatakan proses dan penetapan kepala OPD khususnya bersifat strategis untuk memperhatikan kualitas dan kemampuan. Bupati dan jajaran agar meningkatkan hubungan kerja sama secara aktif dengan pemerintah pusat, untuk memperjuangkan program dan kegiatan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Pihaknya juga minta Bupati melalui jajarannya agar memaksimalkan potensi PAD melalui lelang proyek yang ada di masing-masing OPD.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPRD OKU Timur Ir. Juniah MP. Mengatakan, Bupati OKU Timur diminta untuk mempersiapkan jawaban-jawaban dari pandangan Fraksi-fraksi “Untuk itu Paripurna di skors sampai pukul 13:30,” Tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email