80 Peserta Oriantasi Kewartawanan Pemkot Prabumulih Kunjungi Pemkot Serang

oleh -287 views
oleh

SERANG, IN Sebanyak 80 Peserta Orientasi Kewartawanan asal Prabumulih melakukan kunjungan Edukasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota Serang, Kamis, 2/11/2023.

Setibanya di Kantor Diskominfo Pemkot Serang, rombongan peserta dari awak media, Perwakilan Diskominfo serta perwakilan Protokol dan Humas Pemkot prabumulih, yang dikomandoi oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih, Drs Mulyadi Musa MSi didampingi Kepala Bidang KIP (Komunikasi dan Informasi Publik) Firmansah Putra SE M.Si, diterima langsung oleh Walikota Serang DR H Syafrudin S.Sos.,M.Si melalui Asisten III Setda Kota Serang, Kusna Ramdani S.Sos MSi didampingi Kepala Dinas Kominfo Serang, Arif Rahman Hakim S.Sos MSi dan para Kepala Bidang.

Dalam kunjungan tersebut, Asisten III Setda Kota Serang, Kusna Ramdani menyambut baik kedatangan para tamu dari Prabumulih karena salah-satu yang mendorong untuk menciptakan pelayanan lebih baik adalah dengan saling bertukar fikiran.

Baca Juga :  Diskominfo OKU Timur Halal Bihalal Bersama Wartawan

“Kami juga sangat mengapresiasi para media yang datang dan mudah-mudahan kebersamaan dengan Pak Kadis Kominfo selalu terjaga dengan baik,” ujarnya.

Selanjutnya, pria yang merupakan jebolan IPDN tersebut, menerangkan bahwa luas wilayah kota Serang hampir sama dengan kota Prabumulih dan terdiri dari 6 (Enam) Kecamatan dan 67 Kelurahan.

Lanjutnya, pada tahun 2022 Pemerintah Kota Serang berhasil mendapatkan 26 penghargaan dari Pemerintah Pusat. Salah-satunya adalah penghargaan dari IGA (Innovative Goverment Award) 2022 dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

Sesudah itu, ada dua inovasi yang diciptakan sehingga bisa mendapatkan penghargaan IGA tahun 2022 yakni “Peka Padjak” yang berarti perluasan kanal digital pembayaran pajak daerah dan “Kampung Resik Lan Aman” yakni gotong-royong untuk menciptakan lingkungan bersih dan aman.

“Jadi untuk menciptakan lingkungan bersih dan aman, kita lombakan setiap tahun dengan menggandeng media sehingga terciptalah kampung yang bersih dan aman,” teranhnya.

Baca Juga :  Herman Deru: Wartawan Himbau Masyarakat Jangan Takut Divaksin

Selain itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Serang, Arif Rahman Hakim S.Sos MSi., juga menjelaskan bahwa Kota Serang merupakan kota yang terbentuk pada tahun 2007 dan saat ini masih menunggu penyerahan aset dari Kabupaten Serang. Serang sendiri, terdiri dari 6 kecamatan dengan jumlah penduduk berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2022 mencapai 720.362.

Di Serang, belum banyak industri dan lebih banyak mengandalkan perdagangan dan jasa, dan pendidikan. “Karena Serang mempunyai banyak perguruan tinggi yang bisa menambah peningkatan perekonomian warga Serang, serta di Serang juga mempunyai banyak heritage atau peninggalan sejarah, ungkapnya.

 

Seterusnya, beberapa inovasi Diskominfo yakni kegawatdaruratan 112 yang merupakan telfon yang disediakan untuk warga jika ada kebakaran. Adapula Rabeg yakni reaksi atas berita warga yang bisa didownload melalui aplikasi playstore. Sikondang yang menginformasikan harga sembako dan lain-lain dan mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat.

Baca Juga :  HUT TNI ke 76,SMSI OKI Beri Penghargaan Sahabat Pers Kepada Dandim 0402/OKI-OI

“Respon OPD juga sangat baik ketika ditembuskan keluhan masyarakat kepada OPD,” ujarnya.

Selanjutnya, Sidik yang memuat Sistem Informasi Dokumentasi Informasi Publik yang dibuat untuk memenuhi para warga yang ingin mengetahui informasi publik dan dilengkapi pula akses untuk warga disabilitas.

“Kami juga sudah memasang videotron di lima titik yang memuat informasi publik sampai harga sembako pun ditayangkan di videotron dan kita dianggap baik dalam penanggulangan inflasi, berdasarkan inovasi itulah, pihaknya diganjar berbagai penghargaan,” imbuhnya.

Media

Sementara dalam sambutan Kepala Dinas Kominfo Prabumulih, Drs Mulyadi Musa, MSi, menyampaikan, Prabumulih merupakan kota yang mempunyai 6 kecamatan dengan luas wilayah 434,46 km2 dengan jumlah penduduk 200 ribuan lebih.

“Ada banyak hal yang ingin dipelajari di Kota Serang, salah satunya, inovasi-inovasi yang menjadikan kota Serang mendapatkan penghargaan IGA 2022, pungkasnya. (Edi)

Print Friendly, PDF & Email