Warga Tanjung Baru Datangi Kantor DPRD OKU, Sampaikan Keluhan Layanan PLN

oleh -250 views
oleh
Warga

Warga OKU, IN Akibat Tegangan Voltase Listrik rendah Warga Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur, datangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU.

Kedatangan beberapa warga ke kantor DPRD OKU tersebut, langsung ditanggapi dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPRD OKU, bersama Unit Pelayanan Pelanggan (UPP) PLN dan warga Desa Tanjung Baru yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha, SH, didampingi Ketua Komisi III Densi Hermanto, Soderi Tario dan sejumlah anggota DPRD OKU, Manager UPP PLN Baturaja Iswandi, serta Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman berserta sejumlah tokoh dan perangkat Desa.

Melalui RDP tersebut, warga Desa Tanjung Baru sampaikan keluhan masyarakat terkait rendahnya tegangan listrik di sejumlah wilayah Desa Tanjung Baru khusunya Dusun III, dan Dusun IV.

Baca Juga :  Enos Konsisten Membangun OKU Timur

Warga

Zainal Arifin selaku Pj Kepala Desa Persiapan Kemilau Baru mengatakan, rendahnya tegangan arus listrik di wilayah tersebut sudah berlangsung lama, bahkan sejak tahun 2021 pihaknya sudah mengajukan penambahan daya ke PLN, namun hal itu belum ditanggapi.

“Normalnya tegangan listrik itu 220V tapi di tempat kami tegangan listriknya hanya 160V. untuk itu kami meminta kepada DPRD OKU terutamanya Wakil Ketua I DPRD OKU dan anggota lainnya untuk mencarikan solusi terkait permasalah ini,” katanya.

Selain itu, Sawal warga Tanjung Baru juga menyampaikan bahwa masyarakat kurang memahami secara teknis permasalah PLN, dan hanya memahami kewajiban sebagai pelanggan PLN yaitu membayar tagihan tepat waktu. Untuk itu dirinya meminta hak pelanggan PLN untuk mendapatkan pelayanan yang baik.

“Kami ini masyarakat awam tidak faham secara teknis. Kami tinggal di kota tapi terasa di pedalaman. Kami tidak pernah menunggak bayar, kewajiban kami sudah kami penuhi. Kami hanya menuntut hak kami untuk mendapatkan pelayanan PLN yang layak,” imbuhnya.

Baca Juga :  Plh Bupati OKU Hadiri Acara Pembukaan Sriwijaya Ranau Grand Fondo Cycling Challenge 2021 di OKU Selatan

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua I DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha mengingatkan kepada pihak UPP PLN Baturaja untuk segera mengatasi keluhan masyarakat terkait tegangan listrik yang tidak sesuai standar PLN, serta kejelasan dari pihak PLN, kapan permasalahan tersebut akan diselesaikan.

“Dalam rangka pemenuhan pelayanan publik, itu harus dipastikan masyarakat mendapat tegangan yang layak sesuai standar PLN. Kami tidak ingin masyarakat ini datang ke dua kali melaporkan permasalahan ini. Kami mintak kepastian dari PLN kapan akan dilakukan perbaikan,” tegasnya.

Sementara itu, Manager UPL PLN Baturaja menjelaskan terkait permasalah yang menjadi keluhan masyarakat. Dikatakannya, permasalahan dikawasan tersebut dikarenakan beban daya arus listrik dikawasan tersebut sudah tidak memadai lagi, mengingat tingginya animo permintaan pemasangan baru sehingga beban daya semakin meningkat.

Baca Juga :  Pertamina EP Resmikan Stasiun Pengumpul, Tingkatkan Produksi Gas Hingga 15 MMSCFD

“Terkait suplai daerah pancur ada 2 trafo di depan City Mall. Disinilah permasalahannya. Dengan adanya sejumlah pengembangan Deplover dikawasan tersebut sehingga menjadi beban yang semakin meningkat, seharusnya Deplover harus menyiapkan trafo, jaringan dan kWh Meter harus disiapkan terlebih dahulu. Jika pemasangan baru bagi Deplover, harus dipasang secara kolektif dan diawasi oleh PLN. Kami berupaya agar mutu layanan kami harus baik, untuk itu, kami akan segera berkordinasi ke atas terkait permasalahan ini. Mohon doanya, sesuai dengan semangat kemerdekaan. Akan kami upayakan 17 Agustus nanti arus listrik masyarakat disana juga ikut merdeka, kalaupun harus tertunda minimal lah awal September nanti permasalahan ini akan selesai,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email