Wabup H. Haryanto Rakor Dan Sinergitas Unsur Forkopimda, OPD, Terkait Penanggulangan Bencana, Karhutla Dan Bahan Pokok Jelang Ramadhan

oleh -887 views

Lahat, investigasinusantara.com – Bertempat di ops room sekretariat pemerintah kabupaten lahat di gelar rapat koordinasi antar forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) bersama jajaran OPD, dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana alam dan karhutla serta ketersediaan bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 H di kabupaten lahat. Rabu, 24/03/2021.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Lahat dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Lahat H.Haryanto.SE MM, Dandim 0405 Lahat Letkol.Kav.Syawaf Al-Amin,SE.M.Si, Kapolres Lahat AKBP. Achmad Gusti Hartono.SIK, Ketua Pengadilan Negeri Lahat yang diwakili, Assisten III,Kepala Bulog, Pimpinan Pertamina yang diwakili, Kepala Daops Manggala Agni Sumatera XVI/Lahat, Pengusaha, jajaran OPD, Camat dan tamu undangan.

Pada rakor penyelenggaraan penanggulangan bencana alam dan karhutla Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Syawaf Al-Amin menyampaikan, siap bekerjasama dengan pemerintah kabupaten lahat dalam penyelenggaraan penanggulanagan bencana alam dan Karhutla, adapun menurut Dandim 0405 Lahat analisa kejadian karhutla berdasarkan informasi yang dihimpun, kawasaan rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada tahun 2020 lalu di kecamatan kota lahat, yaitu: Kecamatan Lahat Selatan, Kec. Gumay Ulu,Kec.Gumay Talang, Kec. Merapi Area, Kec. Speksu dan Kec. Kikim Area,” terangnya.

Sedangkan Kapolres Lahat AKBP. Achmad Gusti Hartono,juga menyampaikan, untuk kabupaten lahat tahun 2020 kami ada data yang di petakan oleh bagian oprasional ada 14 kecamatan 27 Desa yang telah terjadi karhutla, berarti yang diantisipasi 14 kecamatan dan 27 Desa ini,namun kemungkinan akan bergeser ke desa-desa lain, dan kecamatan-kecamatan lainnya yang masih banyak lahan tidur atau yang belum diolah oleh masyarakat, maka dari itu butuh kecamatan tim terpadu untuk melihat kemungkinan gerakan masyarakat yang tidak patuh dengan himbauan pemerintah,” ujarnya.

Kemudian juga Wakil Bupati Lahat H.Haryanto.SE MM juga mengatakan, pada rakor dan sinergitas unsur forkopimda bersama OPD terkait penyelenggaraan penanggulang bencana alam dan karhutla di kabupaten lahat tadi telah bersama penyampaian dari Dandim 0405 Lahat dan Kapolres Lahat dalam kesempatan ini saya himbau kepada seluruh OPD, khususnya Camat ajak bekerjasama dengan Kepala Desa agar kirannya dapat memberikan himbauan kepada masyarakat yang telah diberikan oleh pemerintah agar kitanya tidak membuka lahan yang nantinya akan mengakibatkan karhutla,” katanya.

“Alhamdulillah karna sebentar lagi kita akan menjelang bulan suci ramadhan 1442 H, tadi telah disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan,Kadis Prindag, Bulog dan Pertamina kalu untuk kesediaan bahan pokok untuk menjelang bulan suci ramadhan ini, Insyaallah cukup, dan juga harga dipasaran cukup stabil, stok beras, minyak, gula pasir,gula merah, bawang putih,bawang merah stok aman dan harga stabil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama menjelang bulan suci ramadhan 1442 H di kabupaten lahat,” terangnya. Rio

Print Friendly, PDF & Email