Peringati HKN Ke 59, Pemkab OKU Timur Jalan Sehat dan Senam Bersama Masyarakat

oleh -311 views
oleh

Martapura, IN – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Taman Tani Merdeka. Senin, 13/11/2023.

Kegiatan diawali dengan pelepasan peserta jalan sehat oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. yang diikuti oleh ribuan peserta dari Nakes (Tenaga Kesehatan) dan masyarakat. Dengan Start dari depan Kantor Polsek Martapura dan Finish di Lapangan Taman Tani Merdeka lalu dilanjutkan dengan senam bersama.

Turut hadir dan meramaikan acara tersebut, Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., Forkopimda, Sekretaris Daerah Jumadi, S.Sos., Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dan Nur Inayah, S.Pd., Ketua ICSB Provinsi Sumsel Hj. Samantha Tivani HD, B.Bus., M.I.B., Duta Literasi Provinsi Sumsel Ratu Teny Leriva HD, S.Ked. Kepala OPD, Camat, dan undangan lainnya.

Baca Juga :  Peringati Harkitnas Ke 116, Wabup Yudha ; Semangat Nasionalisme, Menuju Indonesia Emas

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. menyampaikan pasca disahkannya Undang-undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Kesehatan, Pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Pemerintah pusat tidak mampu melakukannya sendiri, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat, enam pilar transformasi kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik” tutur Menkes.

Baca Juga :  Wabup Yudha Lepas Ratusan Masyarakat Desa Perjaya Barat Untuk Ikuti Jalan Sehat

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. dalam sambutan dan arahannya mengucapkan selamat HKN dan berterimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam perayaan HKN ke-59 tahun 2023 ini.

“Selaku kepala daerah, saya ucapkan selamat HKN secara nasional. Diawali dengan sehat, kita maju terus pantang mundur” ungkap Bupati.

Secara khusus, Bupati Enos mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Leanpuri Center and Foundation yang telah turut andil membantu Dinkes dalam memberikan pelayanan kesehatan seperti sunatan massal, operasi bibir sumbing dan telah melakukan operasi katarak mulai tanggal 9 kemarin.

Baca Juga :  Bupati Enos Coffee Morning Bersama Insan Pers

“Saya doakan semoga dapat menjadi amal ibadah jariyah” tutupnya.

Sementara itu. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur Yakub, S.K.M., M.M. dalam laporannya mengatakan bahwa Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 ini mengusung tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”.

Pada kegiatan ini juga Bupati menyerahkan beberapa paket bantuan peralatan pengembangan usaha mikro dan menengah dengan orientasi skala usaha menjadi usaha kecil program pengembangan kewirausahaan dan unggulan kompetitif.

Selain itu Bupati juga menyerahkan piagam kepada Kepala Puskesmas Teladan, Tenaga Kesehatan Teladan, Juara Terbaik I Lomba Desa PHBS Tingkat Provinsi, Juara Lomba Toga Tingkat Kabupaten, Juara Lomba Senam CTPS dan Juara Puskesmas Terbaik. (***)

Print Friendly, PDF & Email