Melalui Pelatihan, DPPPA dan TP PKK Ajak Masyarakat OKU Timur Lestarikan Seni Budaya Kain Jumputan

oleh -253 views
oleh

OKU Timur, IN – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraann Keluarga (TP PKK) menyelenggarakan Pelatihan Kain Jumputan. Jum’at, 10 November 2023 di Sekretariat TP. PKK Martapura.

Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. mengusung tema “Dengan Jumputan Mari Lestarikan Wastra”,

Selain membuka kegiatan tersebut, dr. Sheila juga mengikuti pelatihan kain jumputan ini, tampak dr. Sheila bersama dengan peserta lainnya seksama memperhatikan apa yang disampaikan oleh tutor.

Baca Juga :  Anggota DPRD Sumsel Pertanyakan Selisih Suara Empat TPS di Bagus Sekuning

Dalam sambutan dan arahannya, dr. Sheila mengungkapkan rasa bangganya karena Pemkab OKU Timur senantiasa menunjukkan eksistensinya dalam mengajak masyarakat untuk mewujudkan kesetaraan gender bidang ekonomi melalui pelestarian dan pengembangan seni budaya jumputan dengan pewarnaan alami di Kabupaten OKU Timur.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk bisa mempunyai keterampilan-keterampilan dan hari ini kita memilih pelatihan kain jumputan untuk melestarikan wastra Indonesia,” imbuh dr. Sheila.

Dikatakan dr. Sheila, kain jumputan salah satu kain yang sudah hampir dikenal oleh seluruh kalangan dan untuk membuatnya tidak serumit seperti membatik, “Kain jumputan sebenarnya tidak terlalu sulit, tidak seperti membatik. Nanti kita terapkan di rumah, bisa dipakai ataupun dijual untuk membantu perekonomian keluarga kita sendiri,” lanjutnya.

Baca Juga :  STQH Ke-X Kabupaten OKU Timur Resmi Ditutup

Ia berharap agar para peserta dapat memanfaatkan waktu dengan baik, nanti jika sudah mahir kita bisa naik kelas bisa membuat suatu karya lainnya.

“Manfaatkanlah dengan baik pelatihan ini selagi ada tutornya, sehingga kita bisa membawa keterampilan yang baru ketika pulang nanti dan semoga bisa meningkatkan pendapatan keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Inoverwanti Intan, S.E., M.M. dalam laporannya menyebutkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari masyarakat umum, TP. PKK dan Dasawisma.

Baca Juga :  dr. Sheila Noberta Buka Pembinaan Kader Posyandu Remaja OKU Timur Tahun 2022

“Adapun tutor dari pelatihan kain jumputan ini adalah Anggi Fitrilia Putri Pratama yang dihadirkan langsung dari Kota Palembang,” tutupnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email