Ketua DPRD OKU Hadiri Permberian Remisi Dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke 77

oleh -250 views
oleh

OKU, IN Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri dampingi Sekda OKU H. Achmad Tarmizi Menghadiri Pemberian Remisi Umum Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Baturaja. Rabu, 17/08/2022.

Turut hadir, Forkopimda OKU, Kepala OPD dan Kabag Terkait serta Undangan Lainnya.

Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Sumsel Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Baturaja, Penyerahan Remisi Umum Bagi Narapidana dan Anak dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Baturaja Febriansyah A.Md, IP, SH., Melaporkan bahwa kondisi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Baturaja saat ini dalam keadaan aman dan terkendali, adapun isi Rutan Baturaja berjumlah 426 orang.

Pengurangan masa pidana remisi umum 17 Agustus 2022 kali ini dengan besaran perolehan minimal 1 bulan dan maksimal 6 bulan, dan kami sampaikan ucapan selamat kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang pada hari ini mendapatkan remisi.

Baca Juga :  Sekda Serahkan Penghargaan, Kominfo Juara 2 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten OKU Timur

Selanjutnya, ketika warga negara melakukan pidana, negara berwenang menjatuhkan punishment (Hukuman), namun ketika mereka menjadi sadar dan mau bertaubat maka negara pun berkewajiban memberikan maaf dan reward kepadanya karena tidak ada satupun di dunia ini seseorang sengaja melakukan pelanggaran hukum.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, yang dalam hal ini dibacakan oleh Sekda OKU H. Achmad Tarmizi, bahwa Kemerdekaan Bangsa Indonesia merupakan nikmat dan anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa yang wajib kita syukuri bersama, rasa syukur ini tentunya menjadi milik segenap lapisan masyarakat, termasuk warga binaan pemasyarakatan.

Oleh karena itu, Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan, serta telah memenuhi syarat substantif dan administratif sebagaimana diatur dalam ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku.

Baca Juga :  Pembukaan Porwada PWI Sumsel Ditandai Dengan Pemukulan Bola Oleh Bupati Banyuasin

Selanjutnya, bagi seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi pada hari ini, manfaatkanlah momen ini sebagai sebuah motivasi untuk tetap berperilaku baik, taat pada aturan dan tetap mengikuti program pembinaan dengan tekun dan bersungguh-sungguh, dan tanamkan bahwa proses yang saudara jalani sekarang bukan merupakan penderitaan semata, namun sebuah proses pendidikan dan pembinaan untuk menjadi manusia yang lebih baik, lebih kuat dan lebih bermartabat dari sebelumnya.

Bertepatan dengan Peringatan HUT RI ke-77 ini, Pemerintah memberikan remisi kepada 168.916 orang, dengan Remisi Umum I sebanyak 166.191 orang dan Remisi Umum II sebanyak 2.725 orang, untuk itu kami mengucapkan selamat atas remisi tahun ini, bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan di Lapas/Rutan/ LPKA seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Laskar Merah Putih Markas Daerah Sumsel Versi H Adek Erfil Manurung SH Mempertanyakan Ada Apa Dengan Kesbangpol Provinsi Sumsel

Dan kami berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan di masa yang akan datang, serta bagi warga binaan pemasyarakatan yang mendapat remisi dan sekaligus memperoleh kebebasan, kami mengucapkan selamat merajut tali persaudaraan ditengah keluarga dan menjalin kebersamaan dilingkungan masyarakat.

Serta, jadilah insan pribadi yang baik, taat hukum, mulailah berkontribusi secara aktif dalam pembangunan untuk melanjutkan perjuangan hidup, kehidupan dan penghidupan sebagai warga negara, anak bangsa dan anggota masyarakat di lingkungan tempat tinggal saudara.

Mewakili jajaran Pemkab OKU dan masyarakat Bumi Sebimbing Sekundang, kami mengucapkan selamat kepada segenap narapidana yang menerima remisi, dan mudah-mudahan pemberian remisi ini menjadi pemicu semangat memperbaiki diri, dan mendorong untuk menjadi warga negara yang mampu berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan.

Print Friendly, PDF & Email