Kepala DISPUSIP Sopian Hadi Mewakili Bunda Literasi OKU Timur Sebagai Narasumber Dalam Kegiatan KEMENDIKBUDRISTEK

oleh -250 views
oleh

Palembang, IN – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan kegiatan Refleksi Intervensi Program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran melalui Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu.

Dilaksanakan di Hotel Beston Palembang selama 3 hari mulai dari tanggal 03-05 Desember 2023, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka akselerasi implementasi program prioritas Kemendikbud ristek dan sebagai tindak lanjut kegiatan bimtek pemulihan dan transformasi pembelajaran yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu serta pendampingan komunitas belajar (Kombel) antar sekolah untuk penguatan literasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Bunda Literasi Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dr. Sopian Hadi, S.Pd., M.M. didapuk menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Baca Juga :  Pilkada Kel Sungai Tuha Jaya Ruslan-Herly Unggul

Dihadapan para peserta yang berasal dari Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru Penggerak, Komunitas dan Penggerak Literasi dari 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel, Sopian Hadi memaparkan program “Setajam Gergaji”.

Gerakan Satu Jam Membaca dan Mengaji (Setajam Gergaji) merupakan sebuah pembudayaan literasi keluarga dan sekolah. Program ini digagas oleh Bunda Literasi OKU Timur bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Dijelaskan Sopian Hadi, bahwa telah banyak program-program Bunda Literasi yang telah terealisasi, diantaranya Setajam Gergaji, Jum’at Bunda Berkisah, Perpustakaan Digital (e-Library) Kabupaten OKU Timur, Festival Literasi Pelajar, Pengukuhan Duta Pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, Pengukuhan Duta Baca Daerah, Pendirian Kampung Literasi, Pendirian Kampung Dongeng, Sadesa Sapoca (Satu Desa Satu Pojok Baca), Perpustakaan Komunitas, Aksi Gerakan Lemari Cerdas (Lecer) dan lainnya.

Baca Juga :  Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih Hadiri Rapat Paripurna Ke XXV Masa Sidang Ke-3 Tahun 2021

“Merangkul literasi sebagai gaya hidup tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberdayakan jiwa, mengilhami ide-ide baru dan membuka pintu ke dunia yang lebih luas” imbuh Sopian Hadi.

Menurutnya, setidaknya terdapat empat manfaat literasi dalam kehidupan sehari-hari diantaranya pekerjaan, komunikasi, pengambilan keputusan dan hiburan.

“Dalam pekerjaan kita bisa meningkatkan kemampuan literasi agar mendapatkan peluang kerja yang lebih baik, dalam komunikasi kita dapat memahami dan menggunakan bahasa dengan lebih baik, dalam pengambilan keputusan kita dapat menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi untuk membuat keputusan yang tepat dan dalam hiburan kita dapat mengeksplorasi karya-karya sastra dan kreatif untuk hiburan dan inspirasi” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati dan Bunda Literasi OKU Timur Terima Penghargaan Adi Bakti Pustaka Provinsi Sumsel Tahun 2023

Selain itu, Sopian Hadi mengungkapkan bahwa Bunda Literasi OKU Timur berkomitmen dalam mendukung program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Berdasarkan edaran Dirjen PAUD Dikmen Nomor 0759/C/HK.04.01/2023 tentang masa Transisi Paud ke SD yang menyenangkan, Bunda Literasi yang juga menjabat Bunda Paud telah melakukan penguatan mendukung komitmen serentak di 20 kecamatan yang dibagi menjadi 4 zona dengan jumlah peserta 200 kepala sekolah dan guru,” tutupnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email