Bupati Pimpin Upacara Peringaatan Hari Sumpah Pemuda

oleh -298 views
oleh

OKU Timur, IN – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 Kabupaten OKU Timur dipimpin dan dimaknai sangat mendalam oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. Di hadapan para peserta upacara, Bupati Enos membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Diselenggarakan di Lapangan Koni Belitang Sabtu, 28/10/2023.

Turut hadir Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., para Asisten, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya.

Baca Juga :  Pemeriksaan Kesiapan Operasi Pangdam I/BB di Mako Yon Arhanud 11/WBY

Dalam pidato yang disampaikan Bupati Enos, Menpora Ario mengatakan bahwa pemerintah Republik Indonesia telah melibatkan pemuda-pemudi dalam mewujudkan harapan masa depan negara ini. Hal ini merupakan bentuk inklusivitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi yang telah membangun optimisme kolektif bahwa generasi muda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional.

Meskipun Indonesia menghadapi berbagai masalah seperti korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax dan ujaran kebencian, pemuda tetap berkomitmen untuk mendorong kemajuan dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Baca Juga :  DPRD OKU Timur Gelar Rapat Paripurna Membahas dan Meneliti Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pelaksanaan APBD TA 2023

“Tantangan-tantangan ini tidak boleh menghentikan semangat para pemuda untuk terus berjuang menuju Indonesia Maju serta menciptakan masyarakat adil dan makmur,” tegasnya.

Bupati juga mengingatkan, kesenjangan dalam penguasaan teknologi dan informasi antar generasi, serta perubahan yang cepat dalam berbagai aspek sosial, politik dan bisnis. Dalam konteks ini, ia mengajak pemuda untuk serius dalam menguasai teknologi dan informasi serta Literasi Digital.

“Perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatajan sosiokultural, politik dan bahkan bisnis yang dikontestasi,” terangnya.

Baca Juga :  Hadiri Rapat P2DD, Bupati Enos Siap Mendukung Percepatan Digitalisasi di Bumi Sebiduk Sehaluan

Setelah melaksanakan kegiatan upacara, Bupati Enos beserta rombongan melanjutkan kegiatan “Ngopi” (Ngobrol Pintar) di Riverside Restoran bersama organisasi pemuda di OKU Timur diantaranya KNPI, MMI, HMI, BEM Stiper, IPPNU dan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email