Sertijab Bupati Dan Wakil Bupati OKU Timur, H. Lanosin, ST Sampaikan Pidato Pertama

oleh -736 views

OKU Timur, investigasinusantara.com – Serah Terima Jabatan (Sertijab) Bupati Dan Wakil Bupati OKU Timur, dari PLH Bupati OKU Timur Jumadi, S.Sos Kepada Bupati OKU Timur Tahun 2020 H. Lanosin, ST dan Wakil Bupati HM. Adi Nugraha Purna Yudha, SH. Di Gedung Paripurna DPRD OKU Timur. Senin, 08/03/2021

Sertijab di hadiri Gubernur Sumsel, yang di wakili Ir. SA Suprono, MM Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang ekonomi dan keuangan, Ketua DPRD H. Beni Dafitson, SIP.,MM, Wakil Ketua dan anggota DPRD OKU Timur, Bupati OKU Timur Sebelumnya HM Kholid Mawardi, S.Sos.,M.Si, Sekda Jumadi, S.Sos, HM. Unsur Muspida plus Dan Tebbek dan puslatpur, Danyon armed, Kepala Pengadilan Agama, Kepala Pengadilan Negeri, Kajari diwakili Kasi Intel, Kepala Dinas, Camat, Kabag, Sahli, Kepala Instansi vertikal, BUMN, BUMD.

(alt="") sertijab

Dalam Pidato pertamanya Bupati OKU Timur Hj. Lanosin, ST, mengucapkan Terimakasih atas kehadiran Gubernur Sumsel, yang di wakili Staf Ahli Gubernur Ir. SA Suprono, MM.

(alt="")sertijab

Selain itu, Bupati H. Lanosin, ST menyampaikan aprisiasi yang setinggi tingginya kepada Bupati Sebelumnya HM. Kholid Mawardi, S.sos.,Msi dan Wakil Bupati Sebelumnya Fery Antoni, SE. Telah berhasil membangun Kabupaten OKU Timur, dan atas kerjasama semua pihak antara forkopimda bersama seluruh komponen lembaga pemerintahan. Serta upaya yang akan dilakukan kedepannya.

Adapun keberhasilan yang di capai diantaranya Produk Domestik Regional Broto (PDRB) Kabupaten OKU Timur, walaupun tengah pandemi covid 19 masih bertahan, pertumbuhan ekonomi nasional mengalami penurunan kedepan kami akan berupaya agar PDRD dan pertumbuhan ekonomi serta pembangunan SDM atau IPM agar lebih meningkat.

Sedangkan Tingkat kemiskinan di Kab OKU Timur tahun 2020 pada urutan ketiga dari kota pagar alam dan kota palembang. Akan di tekan dan di turunkan.

Indeks Gini Rasio (IGR) pada tahun 2019 kesenjangan pendapatan masyarakat masih relatif rendah, dan Tingkat pengangguran Kedepan juga akan kita turunkan

APBD Kabupaten OKU Timur yang terdiri dari dana perimbangan dan PAD Tentu saja ke depan di upayakan dapat terus ditingkatkan.

Sesudah itu, tingkat kondusivitas dan stabilitas keamanan, yang tercermin dari Pilkada di OKU Timur, dengan tanpa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban. kami akan meningkatkan sinergitas dengan TNI, Polri dan segenap lapisan masyarakat.

Pertanian, Infrastruktur, OKU Timur masih menjadi salah satu lumbung pangan nasional tingkatkan di masa mendatang.

Selain berbagai prestasi di atas, Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah berhasil meraih berbagai penghargaan maupun tanda kehormatan, diantaranya adalah:

  • Penghargaan “Wajar Tanpa Pengecualian” (WTP) sebanyak 8 kali berturut-turut (2013-2020),
  • SAKIP dari Kementerian PAN-RB (2020),
  • Innovative Government Award (IGA) dari Mendagri (2020)
  • Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN (2020),
  • Prestasi sebagai Kabupaten Terbaik Kedua dari 13 Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan atas Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021. Yang akan dilakukan pada acara Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel pada bulan April Tahun 2021.

Lanjutnya, H. Lanosin, S.T dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H, telah memaparkan visi dan misi dalam Pilkada Serentak pada Tahun 2020 yang lalu. Tema visi “Terwujudnya Kabupaten OKU Timur Yang Maju Lebih Mulia”.

“Maju adalah kabupaten yang memiliki kemampuan nyata di segala bidang dimana Pemerintah Daerah memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembangunan baik ekonomi, social, budaya, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan keamanan, yang sejalan dengan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan aspirasi masyarakat.” Jelasnya.

Sementara itu, “Mulia adalah kabupaten yang masyarakatnya memiliki akhlak yang baik, menjunjung tinggi nilai-nilai agama, norma, dan hukum yang ditopang oleh penguasaan iman, ilmu, teknologi, dan seni, sehingga diharapkan terwujudnya kemandirian masyarakat dan nilai-nilai tertentu dalam kehidupan masyarakat, terutama keadilan, persamaan, kebebasan, dan kemajemukan atau pluralisme, serta hidup dengan penuh kedamaian.” Ucapnya

Untuk mencapai Visi tersebut, Kami memiliki delapan misi yang akan diupayakan terwujud untuk kemajuan dan kemuliaan masyarakat Kabupaten OKU Timur

Pertama. “Meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalisme aparatur pemerintah daerah yang efektif, efesien, bersih, akuntabel, dan demokratis dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. Peningkatan kompetensi ASN melalui intensifikasi pelaksaan kegiatan pendidikan dan pelatihan,
  2. Penempatan ASN sesuai dengan kompetensi,
  3. Peningkatan palayanan publik,
  4. Penyelenggaraan Unit Pelaksana Teknis atau UPT Dukcapil,
  5. Pelaksaan pilkades secara damai.

Kedua, “Meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur daerah yang berkualitas, adil dan merata”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. Peningkatan kemantapan kondisi jalan dan jembatan,khusunya yang menjadi kewenangan kabupaten;
  2. Peningkatan kondisi jaringan irigasi dan normalisasi anak sungai;
  3. Penataan kawasan kumuh maupun peningkatan prasarana dan sarana umum;
  4. eningkatan kualitas kantor pemerintahan maupun fasilitas umum.

Sebagai catatan tambahan, kami juga akan berupaya mengajak pihak swasta untuk memaksimalkan partisipasinya dalam pembangunan melalui pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility atau CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Ketiga, “Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. Pemerataan tenaga pendidikan;
  2. Peningkatan SDM tenaga pendidik;
  3. Pemberian bantuan seragam dan perlengkapan sekolah bagi siswa yang tidak mampu;
  4. Pemberian beasiswa bagi siswa yang tidak mampu dan berprestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi olahraga;
  5. Penyusunan kurikulum muatan lokal tentang kemuliaan.

Keempat, “Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. perluasan layanan berobat gratis bagi masyarakat pra sejahtera, kepala desa dan perangkat desa melalui penguatan kerja sama dengan BPJS Kesehatan;
  2. Peningkatan layanan prima pada puskesmas dan Rumah sakit;
  3. Dukungan pelaksanaan vaksinasi Covid-19;
  4. Peningkatan SDM tenaga kesehatan;
  5. Pemerataan tenaga perawat kesehatan di tingkt desa;
  6. Peningkatan status puskesmas dan RSUD,
  7. Penyediaan fasilitas transfortasi bagi pasien narkotika,psikotropika dan obat terlarang atau NAPZA Loka  Rehabilitasi BNN.

Kelima, “Meningkatkan perekonomian daerah yang berbasis pada pendirian BUMD Pangan sehingga menyerap sektor Pertanian, perkebunan, Peternakan dan Perikanan”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. Pendirian BUMD bidang pangan yang akan dikelola secara profesional,
  2. Pembinaan dan peningkatan bantuan kepada petani, karang taruna, serta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM,
  3. Pendirian dan penyelenggaraan Loka Latihan Kerja,
  4. Peningkatan PAD antara lain melalui optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah maupun lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.

Keenam, “Meningkatkan stabilitas keamanan dan ketenteraman masyarakat bersinergi dengan pihak Pemerintah daerah, Kepolisian, TNI dan Masyarakat dalam rangka mendorong terciptanya pertumbuhan perekonomian daerah dan masyarakat”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. Penambahan Polsek dan Koramil, terutama di daerah perbatasan, dengan mempertimbangkan analisa kebutuhan untuk kemudian diproses secara berjenjang,
  2. Peningkatan sistem keamanan lingkungan melalui regulasi dalam rangka menghidupkan kembali semangat kebersamaan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban,
  3. Peningkatan ketertiban dan ketenteraman masyarakat dengan penempatan Polisi Pamong Praja di setiap desa.

Ketujuh, “Meningkatkan program sosial menurunkan angka kemiskinan”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. Perluasan program bantuan social kemasyarakatan,
  2. Penguatan insentif bagi tenaga pendamping pada program bantuan social kemasyarakatan,
  3. Penguatan regulasi dalam penyaluran bantua bagi korban bencana alam, bencana non alam maupun bencana social.

Kedelapan, “Memfasilitasi Lembaga Bantuan Hukum yang dapat mengadvokasi dan membantu persoalan hukum masyarakat”. Dengan Program Kerja antara lain :

  1. Pemberian bantuan hukum gratis bagi masyarakat pra sejahtera, kecuali untuk kasus narkoba, korupsi dan penganut paham radikalisme,
  2. Optimalisasi pelaksanaan kampanye sadar hukum, termasuk pelaksaan operasi yustisi bersama aparat penegak hukum terkait.

Sertijab

Dari berbagai program perioritas tersebut, merupakan upaya menjawab serta mengakomodir kebutuhan masyarakat dan di tambah program kerja lainnya yang dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Sementara, Gubernur Sumsel Dalam Sambutan tertulisnya, yang di sampaikan Oleh Ir. SA Suprono, MM Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang ekonomi dan keuangan menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya atas dedikasi partisipasinya dalam membangun Kabupaten OKU Timur.

“Terimakasih atas Partisipasi Bupati sebelumnya Kholid Mawardi, dalam Membangun serta memajukan OKU Timur. dan Sekda OKU Timur Jumadi S.Sos, atas pertisipasi menjadi Plh Bupati OKU Timur.” Katanya.

Sementara Ketua DPRD OKU Timur, H. Beni Dafitson, SIP.,MM mengucapkan Selamat Bertugas Kepada Bupati H. Lanosin, ST dan Wakil Bupati HM Adi Nugraha Purna Yudha, SH Semoga Dapat menjalankan Tugas dan Amanah dalam membangun Kabupaten OKU Timur.

Acara diakhir dengan doa yang di pimpin DR. H. Abdul Rasyid, S.Ag MM MSi Kakan Kemenag. Dan di tutup dengan menyanyikan lagu Padamu Negri. Dan Foto Bersama. ADV

Print Friendly, PDF & Email