Pj Bupati OKU Hadiri Rapat Koordinasi HLM TPID Mengenai Upaya Pengendalian Inflasi Daerah

oleh -311 views
oleh

Penjabat (Pj) Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menghadiri Rapat Koordinasi High Level Meeting (HLM) TPID Membahas Tindak Lanjut Arahan Presiden RI Mengenai Upaya Pengendalian Inflasi Daerah serta Ketersediaan Pasokan Bahan Pangan, Bertempat di Ballroom 2 Hotel Aryaduta Palembang. Senin, 10/10/2022.

Acara ini dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya didampingi Sekda Provinsi Sumsel dan Kepala BI Perwakilan Sumsel.

Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya., Menyampaikan perlunya koordinasi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan penting dijalankan guna menjaga tingkat inflasi di seluruh daerah khususnya Sumsel.

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya mengatakan, High Level Meeting TPID tersebut dilakukan sebagai langkah koordinasi dalam menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo.

Pj

Dimana, Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan agar setiap daerah di Indonesia melakukan upaya pengendalian inflasi yang saat meningkat secara global.

Baca Juga :  Meningkatkan Daya Saing Lada Melalui Aplikasi SpiceUp

Melalui rapat koordinasi ini, kita perkuat upaya dalam penangan laju inflasi.

Upaya penanganan laju inflasi tersebut lanjut Mawardi, harus sesegera mungkin dilakukan dan tepat sasaran.

Menurutnya, Pemerintah Pusat sendiri telah mengeluarkan instruksi pengendalian inflasi dapat dilakukan melalui penyerapan 2 % Dana Transfer Umum (DTU) dan penyerapan Belanja Tak Terduga (BTT).

DTU dan BTT tersebut dapat dikucurkan untuk bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak inflasi akibat penyesuaian harga BBM dan lainnya.

Mawardi Yahya mengatakan, upaya pengendalian laju inflasi juga harus dilakukan untuk sektor pangan. Sebab pangan sendiri merupakan salah satu sektor yang mempengaruhi inflasi.

Bahkan, lanjut Mawardi, Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) harus terus masif dilakukan sehingga masyarakat dapat memproduksi sendiri pangan untuk konsumsi keluarga.

Baca Juga :  Gerakan Global Media Siber

Mawardi Yahya mengharapkan para Bupati/Walikota se-Sumsel menggelar operasi pasar murah karena ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam mengendalikan inflasi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono., Mengatakan inflasi yang saat ini terjadi dipengaruhi oleh penyesuaian harga BBM yang menyebabkan meningkatnya tarif angkutan roda dua daring dan tarif angkutan umum dalam kota.

Tidak hanya itu, inflasi juga disumbang oleh naiknya harga pangan seperti beras.

Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Pemerintah Kabupaten OKU siap melaksanakan instruksi Gubernur Sumsel untuk mengendalikan inflasi dengan mengantisipasi kenaikan harga pangan melalui program operasi pasar.
Kita siap melaksanakan instruksi Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan melakukan operasi pasar. Selain itu dalam upaya menekan inflasi Pemkab OKU juga siap memaksimalkan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Baca Juga :  Biadab dan Bejat ! Bapak Perkosa Anak sampai Dua Kali Hamil

Teddy Meilwansyah juga menekankan kepada OPD terkait dalam hal ini Dinas Perindag OKU untuk tetap terus berkoordinasi ke Dinas Perindag Provinsi Sumsel maupun pihak terkait lainnya dalam pengendalian Inflasi ini, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan dalam mengerakkan sektor pangan dan pertanian.
Lanjutnya kita akan terus berkoordinasi antar daerah di Sumsel untuk menekan laju inflasi saling membantu dalam mengatasi inflasi daerah satu dengan yang lain upaya memperkuatkan koordinasi antar OPD terkait di Provinsi Sumsel.

Turut hadir, Bupati/Walikota Se-Sumsel, Kepala OPD terkait Provinsi Sumsel, Kabag Ekonomi Kabupaten/Kota se-Sumsel serta Undangan Lainnya.(***)

Print Friendly, PDF & Email