Pembangunan Berkelanjutan Libatkan Kaum Muda

oleh -1,112 views
oleh

JAKARTA, INKementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyelenggarakan Konferensi Tahunan SDGs 2020 Indonesia secara virtual. Kamis, 17/12/2020.

Kegiatan ini mengangkat tema “Bangkit dari Covid-19 dengan Menggunakan Ilmu Pengetahuan dan Inovasi yang Berkelanjutan”. Konferensi tersebut dibuka Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Dalam rangkaian konferensi, digelar Lomba Debat SDGs Tahunan Kedua bertajuk “Bright YOUth, Better Planet”. Lomba ini berfokus untuk melibatkan pemuda Indonesia dalam pemulihan pascapandemi dan merupakan rangkaian kegiatan ‘Road to SDGs Conference 2020’.

Sophie Kemkhadze, Deputy Resident Representative UNDP Indonesia mengatakan, Konferensi Tahunan SDGs Indonesia tahun ini juga menjadi ajang penghargaan bagi kaum muda yang terlibat aktif dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Dirinya menambahkan, kegiatan ini dapat menambah wawasan generasi muda sebagai calon pemimpin global yang terampil dengan pemikiran kritis pada masa mendatang.

Baca Juga :  Sekda OKU Hadiri Malam Anugerah LPPL Indonesia Award 2021

“Saya percaya ini adalah pengalaman yang memperkaya wawasan bagi lebih dari 300 laki-laki dan perempuan muda yang berpartisipasi dalam kompetisi debat. Acara ini telah memungkinkan mereka untuk mempertajam pengetahuan mereka tentang tujuan pembangunan global, pemikiran kritis dan keterampilan kepemimpinan,” ujar Sophie Kemkhadze, Kamis (17/12).

Diterangkannya pula, ini adalah dekade yang menentukan untuk SDGs. Menurut Sophie, agenda yang menjadi semakin relevan selama pandemi Covid-19 ini dibandingkan sebelumnya. “Debat ini adalah bagian dari upaya UNDP untuk menanamkan DNA SDGs di antara para pemikir muda di Indonesia,” kata dia.

Baca Juga :  Pohon Tumbang Nyaris Merenggut Nyawa 2 Penumpang Mobil Brio, Ini Kronologisnya

Tak lupa Sophie mengucapkan selamat kepada pemenang Debat SDG tahun ini. Dia juga ingin mengucapkan selamat kepada semua peserta. “Pertama, atas minat dan komitmen mereka terhadap SDGs, tetapi juga atas kontribusinya yang luar biasa dalam debat,” ungkapnya.

Adapun tim debat dari Universitas Padjajaran diwakili Giovanni Nickson Zefanya dinobatkan sebagai pemenang pertama Lomba Debat SDGs Indonesia 2020. Dari President University diwakili Rendy Utomo sebagai pemenang Kedua yang juga dinobatkan sebagai Best Speaker di ajang Debat SDGs 2020.

Baca Juga :  Penutupan Kajian Ramadhan 1443 H Oleh Plh Bupati

Penobatan pemenang dan penghargaan dilakukan Amalia Adininggar Widyasanti ST MSi MEng PhD, Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan. Disaksikan Norimasa Shimomura, Resident Representative UNDP, dan Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

Diketahui, Lomba Debat SDGs Indonesia 2020 diselenggarakan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Luar Negeri dan Tanoto Foundation.(*)

Print Friendly, PDF & Email