OKU Timur Tampilkan Kesenian Budaya Komering di Stan Festival Literasi Sumsel

oleh -653 views
oleh

Palembang, IN – Kesenian dan Budaya Komering ditonjolkan di Stan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dalam gelaran Festival Literasi Nusantara 2023 yang diselenggarakan di Asrama Haji Pelembang, Jumat, 27/10/2023.

Tari Tigop serta Warahan yang merupakan seni budaya Komering menyambut para tamu yang singgah ke Stan OKU Timur, tidak hanya itu saja namun ada juga kulintang, serta kerajinan angkinan dipamerkan di dalam stan.

Dipamerkan juga beberapa produk makanan khas komering seperti samsam, joruk, serta sambal sialalak serta makanan olahan berupa keripik dari ikan patin.

Baca Juga :  Pelaku Curas Tewas Saat Melakukan Aksinya

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DR. H. Sopian Hadi S.Pd., M.M. mengungkapkan Festival Literasi Nusantara di Palembang digelar dalam rangka melanjutkan program kerja Duta Literasi Provinsi Sumsel melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel dengan tema “Selebrasi Literasi”.

“Kali ini stan Literasi mengusung tema Mulang Tiuh artinya pulang kampung atau balek dusun, dimana tujuannya mengingatkan kembali orang komering akan kampung halaman dengan keindahan budayanya” katanya

Baca Juga :  Dinilai Tak Becus, Lingkungan Sumsel Tak Terurus, Kawali Desak Pergantian Kordinator Inspektur Tambang

Ia menerangkan kegiatan festival dimulai pada 27-29 Oktober 2023 di lapangan Asrama Haji Palembang.

Stan Kabupaten OKU Timur dibantu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kominfo sebagai publikasi kebudayaan komering, Dinas Koperasi dan UMKM, Sanggar Seni Sebiduk Sehaluan.

Print Friendly, PDF & Email