Menteri PUPR Resmikan Jembatan Air Lontar

oleh -385 views
oleh

OKU, IN – Menteri PUPR Ir. Mochamad Basuki Hadi Muljono, M.Sc., Ph.D., di dampingi Gubernur Sumsel, dan Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra M.H., OKU resmikan Jembatan Air Lontar bertempat di Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya. Minggu, 27/02/2022.

Dalam acara tersebut turut Hadir perwakilan Forkopimda Provinsi Sumsel, Ketua KPK RI Firli Bahuri, Bupati OKU Timur, H. Lanosin ST,  Ketua DPRD OKU, Dandim 0403 OKU, Kapolres OKU, Kajari OKU, Kakan Kemenag OKU, OPD Terkait Provinsi Sumsel, OPD Terkait Kabupaten OKU serta Undangan Lainnya.

Menteri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Mochamad Basuki Hadi Muljono, M.Sc., Ph.D., mengucapan terimakasih kepada bapak Firli Bahuri Ketua KPK RI yang telah mengusulkan beberapa pembangun, salah satunya pembangunan jembatan permanen ini menggantikan jembatan gantung sebelumnya.

“Ini membuktikan bahwa Pemerintahan Presiden Jokowi saat ini tidak hanya melaksanakan pembangunan-pembangunan insfratruktur yang besar namun juga pembangunan insfratruktur kemasyarakatan seperti ini yang juga terus kita gencarkan, termasuk juga jembatan gantung yang telah selesai dibangun sebanyak ribuan hampir di seluruh daerah di Indonesia.” Ucapnya.

Adapun usulan dari masyarakat tentang perbaikan irigasi, Menteri PUPR akan menindaklanjuti untuk memperbaiki irigasi tersebut dengan membangun bendung irigasi melalui anggaran di tahun 2023 agar diharapkan hasil panen masyarakat dapat lebih meningkat.

“Semoga jembatan ini nantinya dapat kita operasikan bersama dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat di daerah sekitar,” harapnya.

Baca Juga :  Plh Bupati OKU Membuka Musrenbang RKPD

Jembatan yang menghubungkan Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya dan Desa Tangsi Lontar Kecamatan Pengandonan Kabupaten OKU, yang di bangun menggunakan rangka baja dengan panjang 90 Meter (50 M+40 M) dan Lebar 6 Meter, Jembatan Air Lontar tersebut dibangun pada tahun 2021, yang memakan anggaran biaya Rp 8,9 M

Berharap dengan dibangunnya jembatan ini bermanfaat guna meningkatkan konektifitas jaringan jalan di Kabupaten OKU, antara Desa Tangsi Lontar Kecamatan Pengandonan dan Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya yang sebelumnya terhubung dengan jembatan gantung selain itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Lontar dan Tangsi Lontar yang mayoritas mata pencaharian sebagai petani.

Dalam sambutan Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah untuk Kabupaten OKU khususnya untuk masyarakat Desa Lontar dan Tangsi Lontar dikarenakan telah diresmikannya jembatan penghubung antara kedua Desa tersebut.

Lanjutnya merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat OKU atas kunjungan bapak Firli Bahuri yang juga sebagai Ketua KPK RI, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel serta para Bupati yang telah menyempatkan diri hadir pada peresmian Jembatan Air Lontar di Bumi Sebimbing Sekundang Kabupaten OKU ini.

Adapun jembatan Air Lontar ini menghubungkan dua Kecamatan utama yaitu Kecamatan Muara jaya dengan 7 Desa dan Kecamatan Pengandonan dengan 12 Desa, dari jumlah penduduk kedua Kecamatan ini sekitar 17.916 jiwa, tentu saja jembatan Air Lontar ini sangat bermanfaat untuk akses mobilitas penduduk, selain itu juga merupakan wujud upaya penyiapan insfratruktur dasar pelayan publik, serta untuk mengembangkan sentra perekonomian masyarakat di daerah ini adalah basisnya dari sektor pertanian.

Baca Juga :  Ketua Markas Daerah Provinsi Sumatera Selatan Penyerahan Mandat Markas Cabang Muba

Serta telah dibangun juga kantor Polsek Muara Jaya yang juga di suport melalui bantuan dari Gubernur Sumsel, adapun tahap pembangunannya sudah selesai, Polsek ini bertempat di Desa Lontar untuk menunjang Kamtibmas khususnya di Kecamatan Muara Jaya.

“Kamipun terus disuport oleh Gubernur Sumsel melalui bantuan Gubernur sejak 3 tahun terakhir ini, untuk ini mewakili Pemerintah Kabupaten dan masyarakat OKU mengucapkan terimakasih serta memberikan apresiasi atas semua upaya dan komitmen serta dukungan dalam penyiapan/penyediaan insfratruktur ini, terutama kepada Menteri PUPR, Gubernur Sumsel, dan kepada bapak Firli Bahuri selaku ketua KPK RI yang merupakan putera daerah asli Desa Lontar yang terus mendorong agar lancarnya pekerjaan pembangunan ini,” terang Edwar.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, SH.,MM menyampaikan bahwa kehadiran Ketua KPK RI, Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan pada acara peresmian jembatan Air Lontar hari ini merupakan suatu kebanggaan dan sangat dinantikan oleh masyarakat disini.

Baca Juga :  Memperingati HPN Ke 75 SMSI Muara Enim Gelar Potong Tumpeng Bersama Bupati Muara Enim dan Anjangsana ke Ponpes

Dan begitu berharapnya masyarakat Kabupaten OKU kepada Menteri PUPR, Menteri Perhubungan dan khususnya Ketua KPK RI, karena merupakan putera daerah yang sudah terbukti memberikan perhatian kepada Provinsi Sumsel dan Kabupaten OKU.

Adapun jembatan ini dibangun atas hasil diskusi dan inisiasi oleh Ketua KPK RI saat masih menjadi Kapolda Sumsel, bahwa di daerah ini perlu akses khusus untuk mempercepat produksi pertanian dikarenakan daerah ini adalah penghasil padi yang memiliki rasa berkualitas.

“Kami mengundang para tamu pada acara peresmian ini untuk menyaksikan kebanggaan sekaligus meresmikan jembatan Air Lontar ini, yang dibangun atas pendanaan kolaborasi dari Kementerian PUPR, Pemprov Sumsel, dan Pemkab OKU,” Kata Gubernur Sumsel.

Ketua KPK RI Firli Bahuri, Menyampaikan rasa haru dan bangga sebagai putera daerah Desa Lontar atas pembangunan jembatan Air Lontar ini yang sangat dinanti2kan selama ini.

“Dengan telah diresmikannya jembatan Air Lontar ini sangat membantu masyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan arus transportasi semakin lancar, untuk itu atasnama masyarakat Desa Lontar mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian PUPR dan Gubernur Sumsel atas telah selesainya pembangunan jembatan ini, semoga menjadi nilai ibadah dalam pengabdian kepada masyarakat,” Jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti dan Pemecahan Kendi sebagai tanda diresmikannya jembatan Air Lontar.

Print Friendly, PDF & Email