Kemarau Panjang Melanda, Pemkab OKU Timur Gelar Sholat Istisqa, Memohon Turun Hujan

oleh -279 views
oleh

OKU Timur, IN – Usai melaksanakan Sholat Jum’at, Pemerintah Kabupaten OKU Timur bersama masyarakat dan jajaran Forkopimda melaksanakan Shalat Istisqa atau shalat meminta diturunkan hujan. Bertempat di Halaman Masjid Agung Sabilul Muttaqin Desa Kota Baru Selatan Kecamatan Martapura, Jum’at, 29/9/2023.

K. H.M. Kholid Mawardi, S.Sos.,M.Si bertindak sebagai Imam Sholat Istisqa, diikuti oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T, Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono, S.I.K. M.H, Kakan Kemenag OKU Timur Drs. H. Ishak Putih, M.Si. Dandim 0403 OKU diwakili Pabung, dan Perwakilan Kejaksaan Negeri, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Kabag, Camat, ASN Pemkab OKU Timur serta masyarakat setempat jamaah sholat jum’at.

Baca Juga :  Bupati Sambut dan Apresiasi GANN Di Kab. OKu

Sholat Istisqa memiliki arti sholat bermunajat kepada Yang Maha Kuasa untuk meminta turun hujan. Karena disamping sebab-sebab alamiah seperti pemanasan global, efek rumah kaca, juga ada faktor non alamiah yang menyangkut perilaku umat manusia. Hal itu disampaikan Kapala Kantor Kemenag OKU Timur saat memberikan tausiyah.

“Selain karena faktor alam, kita yakin ada faktor lain. Misalnya hubungan kita kepada sang Pencipta, kita sering lalai dalam beribadah kepada-Nya. Kemudian hubungab kita sesama manusia, silaturahmi yang merenggang, prilaku yang tidak baik, mungkin juga ada sifat iri dengki atau sering kali hari-hari terjadi fitnah. Dengan Shalat Istisqa ini kita niatkan diri untuk bermuhazabah dan bertekad untuk tidak mengulangi hal-hal yang demikian,” harap Drs. H. Ishak Putih.

Baca Juga :  Tim Advokasi Laporkan Oknum Penyebar Foto Cabup Mura ke Polda Sumsel

Sebelumnya, dalam sebuah acara pengajian Bupati OKU Timur menyinggung kemarau panjang yang terjadi, beliau mengatakan untuk memohon anugerah hujan kepada Allah tidak hanya saat acara doa bersama namun bisa dilakukan setiap saat. Ia mengajak untuk bersama-sama meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, sering berinfaq dan bersodaqoh.

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *