Hadiri Halal Bihalal, Bupati OKU Timur Terima Jajuluk “Singa Marga”

oleh -204 views
oleh

OKU Timur, IN Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin mendampingi Gubernur Sumatera Selatan bersilaturahmi dengan masyarakat Cempaka dalam rangka halal bihalal. Turut serta Ketua KORMI Sumsel Hj. Samantha Tivani dan Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva.

Acara Halal Bihalal didahului dengan pemberian gelar jajuluk atau adok, gelar yang diberikan oleh Pembina Adat sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang telah berjasa untuk OKU Timur, berlangsung di Balai Desa Cempaka, Kecamatan Cempaka, Senin, 24 April 2023.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru diberikan gelar Cinta Marga, sementara itu Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin diberi gelar Singa Marga. Pemberian gelar ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan dan pemasangan Kepudang/Tanjak (penutup kepala tradisonal) dan keris.

Baca Juga :  Ketua PKK OKU Timur Sambangi Kecamatan

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dalam sambutannya memuji kemajuan pembangunan Desa Cempaka dan keberadaan Sosat (Gedung Serbaguna) yang telah terbangun dengan baik dengan fasilitas memadai.

“Dahulu saat menjabat Bupati OKUT, Infrastruktur jalan dari Cempaka ke Martapura jalan masih jelek, sehingga Camat Cempaka ketika Rapat ke Martapura selalu telat. Saya bertekad untuk menjadi seseorang yang bisa mengambil keputusan. Yaitu dengan menjadi seorang Gubernur Sumsel agar dapat mengambil kewenangan dalam pembangunan infrastruktur di Kabupaten/Kota” ujar HD.

Baca Juga :  Plh Bupati OKU Launching Vaksinasi Covid 19 Bagi Anak Usia 6-11 Tahun

H. Herman Deru juga menyampaikan jika di Tahun 2023 ini Pembangunan jalan Tanah Abang – Ogan Ilir tahun ini akan dilanjutkan, hingga nantinya tidak lewat Kayuagung lagi.

“Pembangunan infrastuktur harus seiring dengan pemberdayaan ekonomi, harus memiliki persamaan persepsi dalam pembangunan, dan untuk menyatukan segala perbedaan agar menjadi kekuatan, antara lain dengan mengangkat adat istiadat. Di Palembang semua kantor Pemerintah dan BUMN/BUMD telah diengkapi dengan ornamen Tanjak. Agar kearifan lokal tetap terjaga” tutup HD.

Baca Juga :  Wabup H. Haryanto Rakor Dan Sinergitas Unsur Forkopimda, OPD, Terkait Penanggulangan Bencana, Karhutla Dan Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Sementara itu, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin mengungkapkan bahwa kepedulian Gubernur Sumatera Selatan kepada Kabupaten OKU Timut sangat luar biasa, pembangunan infrastruktur di Bumi Sebiduk Sehaluan menjadi lebih baik atas bantuan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

“Terimakasih kepada Bapak Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan terkhusus Kabupaten OKU Timur yang kita cintai ini”, ujarnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email