DPRD OKU Desak DLH Tinjau Keberadaan Ternak Ayam Yang Menjadi Keluhan Warga

oleh -618 views
oleh

OKU, IN Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ulu (OKU), menanggapi dan mendesak agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKU segera turun kelapangan meninjau langsung keberadaan ternak ayam terkait keluhan warga sebagai penyebab bau busuk dan lalat. Selasa, 24/05/2022.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Kabupaten OKU, Yopi Sahruddin, S.Sos mengatakan, pihaknya mendesak agar Dinas terkait (DLH) untuk segera menindaklanjuti adanya keluhan warga tersebut.

“Kami meminta agar Dinas terkait segera turun kelapangan untuk meninjau langsung keberadaan ternak ayam tersebut. Melihat dari keluahan warga disana, jarak kandang ternak ayam dengan pemukiman warga terlalu dekat yang hanya sekitar 100 Meter dari pemukiman, bahkan ada juga kandang yang letaknya hanya 50 Meter dari pemukiman,” ujarnya.

Lanjut Politisi asal Partai Demokrat ini, bahwa pihaknya tidak mentoleril jika ada pencemaran lingkungan. Untuk itu dirinya menilai Dinas terkait perlu melakukan pengecekan ke lapangan dan jika nanti terbukti terjadinya pencemaran lingkungan, pihaknya meminta agar Dinas terkait mengambil langkah tegas.

“Hal seperti ini perlu ditindak lanjuti secara cepat, jengan sampai adanya pencemaran lingkungan terjadi berlarut-larut, kasihan dengan warga disana. Jika memang terdapat pelanggaran saya berharap Dinas terkait dapat mengambil tindakan tegas,” tambahnya.

Sementara, warga setempat sangat mengapresiasi respon cepat dari DPRD Kabupaten OKU terkait adanya keluhan warga yang mengeluhkan aroma busuk yang diduga bersumber dari ternak ayam serta banyaknya lalat yang berterbangan.

“Kami mengapresiasi respon positif dari wakil kami (DPRD OKU). Kami sudah sangat terganggu dengan konsisi ini. Kami berharap agar pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas terkait dapat segera merespon keluhan kami,” ungkap salah satu warga.