Bupati Hadiri Temu PPL Se-OKU Timur

oleh -381 views

OKU Timur, IN – Bupati OKU Timur HM. Kholid Mawardi, S.Sos.,M.Si. menghadiri acara Temu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Se-Kabupaten OKU Timur. Yang mengusung Tema “Bersinergi Dalam Ciptakan Kreasi Dan Inovasi Pertanian Untuk Mewujudkan OKU Timur Sebagai Lumbung Pangan Sumatera Selatan. Bertempat di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur. Senin, 08/02/2021.

Dalam rangka mewujudkan OKU Timur Sebagai Lumbung Pangan Sumsel, serta meningkatkan perekonomian di wilayah Kabupaten OKU Timur di masa pandemi covid 19. Pemerintah mengadakan temu PPL Se-Kabupaten OKU Timur. Karena PPL sebagai motivator di bidang Pertanian. Pertanian juga merupakan Potensi utama di wilayah Bumi Sebuliduk Sehaluan.

 

Kepala Dinas Pertanian Ir. M. Husin dalam laporannya menyampaikan, ucapan terima kasih atas kehadiran PPL Sekabupaten OKU Timur. “Kegiatan Temu PPL dilaksanakan  karena mengingat peran penting PPL dalam kemajuan Kabupaten OKU Timur di bidang Pertanian. Dan mewujudkan Sumsel Sebagai Lumbung Pangan. Serta akan di adakannya Launching Aplikasi Si-Suluh di Kabupaten OKU Timur pada 23 Februari 2021 mendatang.” Ucapnya.

Sementara Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, S.I.K.,MH menyampaikan Ucapan terima kasih telah di berikan waktu untuk memyampaikan sambutan, terkait permasalah yang sedang di hadapi petani di Kabupaten OKU Timur. Tentang kelangkaan Pupuk subsidi dan penumpukan Pupuk yang belum di salurkan. Pihak Kepolisian Resort OKU Timur telah malakukan pengecekan ke lokasi Gudang.

(alt="")bupati

“Keterlambatan pendistribusian Pupuk bersubsidi terhambat di karenakan kartu tani yang ikut terlambat. Kepemilikan kartu tani yang belum semua memilikinya. Karena tanpa kartu tani tidak bisa mendapatkan pupuk subsidi tersebut. Kami minta untuk Dinas Pertanian mempercepat proses pembuatan kartu tani tersebut.” Tegasnya.

(alt="")bupati

Selain itu kegiatan temu PPL yang dilaksanakan hari ini, dapat menimbulkan Klaster baru penyebaran Covid 19. Akan tetapi semua telah di lakasanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

“Alhamdulillah semua saya lihat sudah sesuai aturan protokol kesehatan. Walaupun saya sudah vaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan.” Imbuhnya.

Selanjutnya, Bupati OKU Timur HM. Kholid Mawardi, S.Sos.,M.Si menyampaikan pada hakekatnya pertanian merupakan proses keberlangsungan suatu Daerah yang potensi pertanian. Saat ini kita sedang dihadapkan dengan pandemi covid 19 yang mengakibatkan pada pertanian dan ekonomi yang melemah. Bagaimana kita bisa tetap bertahan. Kedepannya Semua tergantung pada Sumber Daya Manusia yang di harapkan mampu mengelola Sumber Daya Alamnya.

“Untuk bidang pertanian di harapkan perekrutan harus sesuai dan memang di bidang pertanian. Maka dapat mengelola sumber daya alam dengan baik. Dengan berinovatif, tehnologi dan modernisasi, lahan tanduspun bisa jadi subur apabila SMD menguasai di bidangnya.” Ungkap Bupati OKU Timur Kholid Mawardi.

Seterusnya Bupati mengatakan Provinsi Sumsel Dan Lampung merupakan lahan pertanian, masih banyak terdapat rawa di sumsel. Harapan kepada pemerintah provinsi dapat memanfaatkan dan menjadikan rawa tersebut sebagai lahan pertanian. Perekonomian OKU Timur merupakan nomor dua di Sumsel setelah Musi Banyuasin. Dan sebaliknya untuk bidang pertanian.

“Subsidi yang di keluarkan pemerintah untuk bidang pertanian mencapai 33 Triliun, dengan nilai sebesar itu cukup untuk memfasilitasi 1/3 masyarakat indonesia tanpa harus bekerja. Tetapi kenapa pemerintah masih mengimpor beras. Hal ini di karenakan Sumber Daya Manusianya yang kurang baik dalam mengatur sistem pertanian. Apabila rawa rawa bisa di manfaatkan untuk pertanian kita tidak perlu impor beras.” Bebernya.

 

Di akhir sambutan Bupati OKU Timur berpesan lakukan sinergi antar lembaga untuk mendapatkan kebijakan di bidang pertanian dan menyampaikan permohonan maaf terkait beralhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur.

“Untuk mendukung kemajuan pertanian silahkan bermitra Ke Perbankan dan pihak perbankan di harap dapat meningkatkan nilai Pinjaman KUR. Kepada Dinas pertanian Provinsi. Selanjutnya bagaimana kedepannya bawang dan Cabai masuk di Kabupaten OKU Timur untuk tingkat ekspor. Kami mohon Maaf Apabila ada kekurangan pada masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati. Karena pada 17 Februari 2021 masa jabatan kami berakhir. Untuk yang belum sempat di lantik, kami mohon maaf nanti jabatan akan di teruskan oleh pak Sekda OKU Timur sebagai Pejabat PJ. Potensi yang ada di Kabupaten OKU Timur Pertanian. Hanya bidang pangan, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Holtikultura. Tidak perlu mencari potensi lain, cukup bidang pertanian bisa sukses itu sudah dapat membawa kesejahteraan masyarakat OKU Timur. Pungkasnya.

(alt="")bupati

Acara di tutup dengan doa dilanjut penyerahan bantuan dan penghargaan kepada BPP Martapura, BPP Condong Kec Jaya Pura, BPP Campang Tiga Kec Cempaka, penghargaan PPL Berprestasi, THL- TB TKP 3, PPS, Cindera Mata PPL Purna Bhakti, Cindera Mata dari PERHIPTANI kepada Bupati OKU Timur. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email