Bupati H. Lanosin, ST Buka Konferensi PERHIPTANI Provinsi Sumsel Tahun 2021

oleh -871 views

OKU Timur, investigasinusantara.com – Bupati OKU Timur Buka Langsung Acara Konferensi Perhiptani Sumatera Selatan di Kabupaten OKU Timur. Bertempat di Balai Pelatihan Pertanian Martapura Kabupaten OKU Timur. Senin, 28/03/2021.

(alt="")h

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Pertanian Kanupaten OKI Timur, Ketua DPP Perhiptani Provinsi Sumsel, Kepala Dinas PU PR, 16 DPD Perhiptani Kabupaten Kota, Ketua Pimpinan 1 Pusat Perhiptani, Koordinator Pertanian.

(alt="")h

Dalam sambutan Ketua Pelaksana menyampaikan, Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan menyusun program Perhiptani 2021, dengan di ikuti oleh peserta sebanyak 61 Orang dari berbagai daerah.

(alt="")h

DPP Perhiptani, Ir Muhamad Fatan MAg, menjelaskan Bahwa Perhiptani Bukanlah partai politik. Perhiptani merupakan Organisasi Profesi, yang setara dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia), dan dapat di akses melalui jaringan internet.

(alt="")h

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel Ir Bambang Pramono MSi, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Muskerwil DPP Sumsel. Perhiptani merupakan Perhimpunan Penyuluh Tani Indonesia. Organisasi profesi berazas pancasila, dan memiliki lima hal yang di miliki DPP Perhiptani Keilmuan, Keahlian, Persaudaraan, Kemasyarakatan, Kemandirian.

(alt="")h

“Dari jumlah Kecamatan di Sumsel ada 239 Kecamatan sedangkan DPP baru 196, jadi masih ada Kecamatan yang belum ada DPP, Sumsel juga memiliki 3205 desa sedangkan penyuluh PNS baru 1049 tersebar di kabupaten kota dan kita ketahui telah di angkat 1000 petugas pendamping, dan di OKU Timur berjumlah 163 penyuluh pertanian.” Ungkapnya.

Lanjutnya, Perhiptani bertugas mengawal semua kegiatan pertanian di desa desa, yang sangat di segani setara dengan dokter di indonesia.

“Perhiptani harus mampu menghimpun semua anggotanya. Tidak hanya dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kompetensi, tetapi harus mampu mendorong kesejahteraan anggotanya. Ujarnya.

Bupati OKU Timur, H. Lanosin, ST. Menyampaikan, terkait keadaan geografis Perhiptani merupakan ujung tombak bagi petani yang ada di OKU Timur.

Selain itu, Bupati juga berharap kerjasama yang baik semoga terpilih ketua DPW Perhiptani Sumsel yang baru sesuai dengan Aspirasi dan keinginan dari konferensi ini.

“Semoga terpilih Ketua yang mampu mengabdi kepada kepentingan organisasi Perhiptani dan memiliki tekad kuat untuk memajukan organisasi, disamping itu Kabupaten OKU Timur mempunyai sasaran dalam peningkatan Produksi yaitu OKU Timur Menuju satu juta ton gabah kering Giling pada Tahun 2025.” Pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email