Audiensi Bersama Bupati Enos, Perum Bulog Segera Bangun MRMP di OKU Timur

oleh -218 views
oleh

OKU Timur, INBupati OKU Timur Ir. H. Lanosin menyambut hangat kehadiran Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang OKU Drs. Julkhaidar Romadhon berserta rombongan untuk beraudiensi. Kamis, 12 Januari 2023 di Ruang Audiensi Bupati OKU Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten II Ir. M. Husin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junadi, S.P., M.M., Kepala Dinas Pertanian Drs. Sepala Hamdani, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian M. Ucup Sabarudin, S.E., M.Si., Sekretaris BPBD Suwadi, S.E. dan Staf Ahli Pertanian Sugeng Supriyanto.

Adapun audiensi ini terkait program stabilisasi pasokan dan harga pangan, cadangan beras Pemerintah Kabupaten OKU Timur serta pembangunan pabrik penggilingan gabah (MRMP) di Martapura.

Baca Juga :  Peringati Hut OKU Sekaligus Memeriahkan Hut RI Ketua DPRD Olahraga Bersama

Dalam kesempatan ini, Bupati Enos menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik rencana dibangunnya MRMP di Martapura.

“Saya sangat antusias dan mendukung penuh rencana Perum Bulog untuk membangun MRMP di Martapura, dengan dibangunnya MRMP, tentu ini akan membawa dampak positif bagi para petani dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten OKU Timur.” Ungkap Bupati.

Menurut Bupati, sebagai salah satu lumbung pangan nasional, dengan dibangunnya MRMP di Martapura dapat memutus rantai pasok gabah petani kepada tengkulak, karena dengan sistem ini Bulog dapat menyerap dari petani sehingga para petani bisa menjual dengan harga yang lebih baik lagi.

Bupati Enos juga mengingatkan, dengan dibangunnya MRMP di Martapura, tidak menganggu ekosistem lingkungan, “Mohon juga perhatikan masalah limbah dari pabrik tersebut agar tidak menganggu masyarakat di sekitar.” Ujarnya.

Baca Juga :  Bupati OKU Timur Hadiri Grand Opening Unit Usaha dan Pemasaran Komunitas Tanaman Hias Alam Lestari

Selain itu, Bupati Enos meminta Perum Bulog agar bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui OPD terkait. Bupati Enos berharap, dengan hadirnya MRMP maka hasil produksi dari petani semuanya bisa diproduksi di OKU Timur.

“Harapan saya, produksi dari petani semuany bisa dikelola di OKU Timur, karena selama ini hanya sekitar 80.000 ton di BPR, jika semuanya bisa dikelola di OKU Timur, ini tentu akan lebih baik untuk para petani kita.” Harapnya.

Baca Juga :  Persiapkan OKU Timur Sepadan 2045, Pemkab OKU Timur Buka Musrenbang

Bupati Enos juga meminta kepada Perum Bulog untuk memperdayakan tenaga lokal untuk bisa bekerja di MRMP, “Saya minta untuk diserap tenaga kerja masyarakat OKU Timur untuk operasional gedung MRMP.” Tutup Bupati Enos.

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang OKU Drs. Julkhaidar Romadhon menyampaikan, pembangunan infrastruktur MRMP merupakan salah satu strategi Bulog untuk membantu para petani dan menyederhanakan alur proses pengolahan beras yang terpusat dalam fasilitas pengolahan gabah hasil panen berbasis teknologi modern.

“MRMP (Modern Rice Milling Plant) berfungsi sebagI penjamin ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas harga pangan merupakan fasilitas penggilingan padi/gabah modern.” Jelasnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email