TP. PKK OKU Timur Selenggarakan Pelatihan Mengenal Psikologi Anak

oleh -120 views
oleh

OKU Timur, IN – Sebanyak 60 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 20 kecamatan di Kabupaten OKU Timur mengikuti Pelatihan Mengenal Psikologi Anak yang diselenggarakan oleh TP. PKK Kabupaten OKU Timur. Rabu, 11 Oktober 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bina Praja II Setda OKU Timur ini dibuka langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes.

Ketua TP. PKK yang juga Bunda Literasi dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari program kerja Pokja I dan Pokja II.

Baca Juga :  Kejaksaan Terus Periksa Kasus Dugaan Perjalanan Dinas Fiktif Dua OPD Lahat

dr. Sheila menyatakan bahwa untuk membentuk karakter seorang anak itu harus dimulai sejak usia dini. Dirinya beranggapan bahwa kemampuan untuk mengenal psikologi anak itu sangat penting bagi guru PAUD, agar bisa menjadi guru yang menyenangkan, guru yang mengerti, guru yang memahami, guru yang mendidik bukan hanya sekedar mengajar untuk anak muridnya.

Tidak hanya itu, dr. Sheila juga mengatakan bahwa untuk membentuk karakter yang baik pada anak adalah ketika anak berada pada golden age, yaitu 0-5 tahun.

Baca Juga :  Hadirnya SMSI Di Kab. Muara Enim, H. Juarsah SH Harapkan Kontribusi Positif

“Jadi ketika guru Paud paham psikologi anak, ilmu pengetahuan, terampil insya Allah anak-anak kita akan menjadi generasi emas pada tahun 2045.” Tuturnya.

Dirinya mengingatkan kepada guru PAUD untuk lebih menyeleksi kalimat-kalimat ketika berbicara kepada anak didiknya, karena dikatakannya pada usia tersebut apa yang disampaikan akan sangat menempel, melekat erat dibenak anak-anak didik.

Dalam kesempatan ini, dr. Sheila memberikan apresiasi kepada guru PAUD yang telah memajukan pendidikan anak usia dini di Kabupaten OKU Timur, “Meskipun penghasilan yang tidak begitu besar, tapi percayalah ketika anak didik kita sukses, kita tetap akan mendapatkan royalti berupa amal jariyah.” Imbuhnya.

Baca Juga :  Dijamu Prajen Brothers FC dan Duren Ijo FC, Persipra Pesta Gol 12-0

Di akhir sambutannya dr. Sheila berharap agar semua peserta bisa memanfaatkan pelajaran yang akan diberikan oleh narasumber, “Bertanyalah sebanyak-banyaknya karena ini merupakan kesempatan yang baik dan nanti ketika kembali ke tempat masing-masing gar dapat disebarkan kepada rekan-rekannya.” Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi dan tanya jawab oleh narasumber Rizky Dianita Segarahayu, M.Psi., Psikolog.(***)

Print Friendly, PDF & Email