Sejarah Baru, Cik Ujang Segera Luncurkan Buku Berisi Karya Putra-Putri Daerah Kabupaten Lahat

oleh -1,562 views

LAHAT, investigasinusantara.com – Berawal dari event lomba Cipta Cerpen dan Puisi wartabianglala. com tahun 2021 yang di adakan media online Warta Bianglala, bekerjasama dengan Pemkab Lahat melalui TP PKK dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat, serta turut didukung Bank Sumsel Babel dan PT Bukit Asam, Tbk. Terciptalah sebuah buku yang diberi nama Senandika. Dengan berisikan karya-karya putra-putri daerah Kabupaten Lahat lintas generasi, dari tingkat SD, SMP, dan Umum, yang menjadi peserta lomba tersebut.

Lahirnya buku antologi cerpen dan puisi Senandika ini, merupakan sebuah catatan sejarah bagi Kabupaten Lahat. Karena merupakan karya perdana dalam sebuah buku yang melibatkan banyak penulis asli daerah Bumi Seganti Setungguan. Sebelumnya, yang ada kebanyakan, penerbitan buku solo di lakukan penulis dengan karya pribadi.

Buku Senandika juga menjadi tonggak kebangkitan literasi Kabupaten Lahat. Terlebih lagi, tema kebudayaan yang di angkat dalam buku ini menjadi bentuk pelestarian budaya Kabupaten Lahat yang di bingkai dalam gubahan puisi dan Cerpen.

Berdasarkan pertemuan antara pihak media Warta Bianglala bersama Bupati Lahat Cik Ujang dan perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. Hasperi Susanto pada hari Selasa 16 Februari 2021. Dari sana di sepakati bahwa buku Senandika akan di luncurkan langsung oleh Bupati Lahat Cik Ujang pada tanggal 3 Maret 2021 mendatang.

(alt="") sejarah

Saat di konfirmasi, pada Kamis (18/02/2021), Hasperi Susanto selaku perwakilan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. membenarkan tentang acara peluncuran buku Senandika. Yyangdi terbitkan oleh Penerbit Gaksa Enterprise dengan kode ISBN 9-786025906787. Lahirnya buku Senandika juga melibatkan Sastrawan Muda Indonesia M. Rois Rinaldi selaku editor. Selain karya para peserta, buku ini juga di isi karya para penulis senior Kabupaten Lahat dan turut melibatkan beberapa fotografer dari Kabupaten Lahat.

“Berdasarkan audiensi bersama pihak media Warta Bianglala selaku penggagas kegiatan, ke Bupati Lahat. Sudah di sepakati waktu peluncurannya pada tanggal baik yakni 3 Maret. Untuk kegiatan peluncuran ini di serahkan sepenuhnya kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan saat ini kami tengah mematangkan persiapan acara,” ujar Hasperi Susanto.

Sementara itu, Agus Kurniawan, Pimpinan Redaksi Warta Bianglala mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam peluncuran buku Senandika.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Lahat dan Cik Ujang selaku Bupati Lahat. Atas dukungannya melalui instansi terkait sudah dengan segenap hati mendukung penuh rencana baik ini. Kami juga berterima kasih kepada pihak Bank Sumsel Babel dan PT. Bukit Asam, yang sudah mendampingi hingga acara peluncuran dan, terlibat dalam proses penerbitan buku Senandika. Semoga kolaborasi banyak pihak ini akan menjadi pemicu pergerakan signifikan bagi Kabupaten Lahat,” ucap Agus Kurniawan.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program media Warta Bianglala sebagai wujud media yang informatif dan edukatif.

“Selain sebagai sarana informatif, kita juga berharap media kita juga menjadi wadah edukatif bagi masyarakat. Semoga ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut dan literasi di Kabupaten Lahat mengalami peningkatan yang signifikan,” tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email