Pj Bupati OKU Iqbal Alisyahbana Hadiri Pelantikan 35 Anggota DPRD OKU Terpilih

oleh -134 views
oleh

OKU, IN – Pj Bupati OKU M Iqbal Alisyahbana SSTP MM menghadiri pelantikan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terpilih pada Pileg 2024 di Gedung DPRD OKU pada Jum’at 16/08/2024.

Pelantikan itu digelar dalam Rapat Paripurna ke-1 dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten OKU masa jabatan 2024-2029. Rapat ini berlangsung khidmat dan dipimpin oleh Ketua DPRD OKU, Ir. H. Marjito Bachri, yang didampingi oleh Wakil Ketua I, Yudi Purna Nugraha, SH, dan Wakil Ketua II, Yoni Risdianto, SH.

Prosesi pengucapan sumpah/janji dilakukan oleh 35 anggota DPRD OKU yang baru, dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja. Turut hadir dalam kegiatan itu Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni SIK MH, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine, Kajari OKU Choirun Parapat SH MH dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Enos Yudha Hadiri Silaturahmi Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Desa

Dalam sambutannya, Ketua DPRD OKU, Ir. H. Marjito Bachri, menyatakan bahwa pengucapan sumpah/janji ini merupakan syarat penting sebelum anggota DPRD memulai tugas dan kewajibannya. “Berdasarkan Undang-Undang tentang susunan dan kedudukan MPR, DPR, DPD, dan DPRD, setiap anggota DPRD wajib mengucapkan sumpah/janji sebelum memangku jabatannya,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi kinerja anggota DPRD periode 2019-2024 yang telah mengakhiri masa baktinya dengan berbagai capaian dalam menampung aspirasi masyarakat. “Selama pengabdian, DPRD telah berusaha melaksanakan tugas dan kewajiban seoptimal mungkin,” tambahnya.

Setelah pengucapan sumpah/janji, dilakukan serah terima jabatan dari pimpinan DPRD OKU periode 2019-2024 kepada pimpinan DPRD OKU yang baru. Ir. H. Marjito Bachri menyerahkan palu rapat dan buku memori kepada Ketua DPRD OKU yang baru, Yudi Purna Nugraha, SH yang kemudian mengambil alih pimpinan rapat Paripurna.

Baca Juga :  DPRD OKU Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan Berita Acara Pengumumuam Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU

Yudi Purna Nugraha mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten OKU yang telah berpartisipasi aktif dalam Pemilu Legislatif. “Tanpa dukungan masyarakat, proses demokrasi ini tidak akan berjalan sesuai harapan,” katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD periode sebelumnya yang telah bekerja keras dalam menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. “Kami akan meneruskan semangat tersebut dalam melaksanakan tugas-tugas legislatif ke depan,” tegasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati OKU, M. Iqbal Alisyahbana, SST MM, dalam sambutannya menyampaikan amanat dari Menteri Dalam Negeri. Ia mengucapkan selamat kepada anggota DPRD OKU yang baru dilantik dan berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan amanah.

Baca Juga :  Plh Bupati HNU Hadiri Pelantikan Liono Basuki BSc Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim

“Rapat Paripurna pengucapan sumpah/janji ini merupakan puncak dari rangkaian proses pelaksanaan Pemilu Legislatif yang lalu. Secara filosofis, rapat ini berkedudukan sebagai sarana demokrasi untuk melaksanakan kedaulatan rakyat dalam tatanan pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Iqbal Alisyahbana juga menekankan pentingnya peran DPRD dalam menyuarakan aspirasi rakyat dan memastikan setiap kebijakan yang diambil sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Kami berharap kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif dapat terus terjalin untuk kemajuan Kabupaten OKU,” tandasnya. (***)

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *