Peduli Kesehatan Masyarakat OKU Timur, YJI Gelar Lomba Senam Jantung

oleh -137 views
oleh

Martapura, IN – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten OKU Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Lomba Senam Jantung Sehat Tingkat Kabupaten Tahun 2023. Bertempat di Balai Rakyat Setda OKU Timur, Kamis, 2/11/2023

Turut hadir Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan OKU Timur Elwana, SKM.

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur Elwana, SKM menyampaikan, “Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membiasakan dan mensosialisasikan senam jantung sebagai salah satu upaya menyehatkan jantung. Melatih otot jantung, memperbaiki denyut nadi, meningkatkan metabolisme, dan melancarkan aliran darah,” terangnya.

Baca Juga :  Penutupan Rapat Paripurna DPRD KAB OKU Timur

Lanjutnya, jumlah peserta Lomba Senam Jantung Sehat Tingkat Kabupaten Tahun 2023 berjumlah 100 orang yang tergabung dalam 20 regu dari 20 Kecamatan di Kabupaten OKU Timur dimana masing-masing regu terdiri dari 5 orang peserta.

Sementara Ketua TP PKK yang merupakan Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A.,M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Senam Jantung Sehat merupakan kegiatan yang meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui sosialisasi panca usaha jantung sehat.

Baca Juga :  Bupati Empat Lawang Apresiasi Polda Sumsel dan Polres Empat Lawang Ungkap Ladang Ganja 1 Hektar

“Penyakit jantung itu dipengaruhi oleh gangguan iskemik pada otot jantung yang bisa disebabkan oleh hipertensi merokok, obesitas, diabetes, yang bisa meningkatkan resiko gagal jantung. Gangguan-gangguan tersebut disebabkan karena pola makan dan pola hidup yang salah,” ujarnya.

dr. Sheila juga menyampaikan bahwa Pola hidup bersih dan sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung adalah dengan bergerak dan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari. Salah satu upayanya adalah seperti Lomba Senam Jantung hari ini.

Baca Juga :  Memperingati hari Pahlawan, Batalyon Artileri Medan 15/105 Tarik/Cailendra gelar Lomba Mewarnai

Beliau mengapresiasi Yayasan Jantung Indonesia dan Dinas Kesehatan, atas kerjasamanya kegiatan tersebut dapat berlangsung. “Saya mengharapkan Senam Jantung dapat disosialisasikan di sekitar tempat tinggal masing-masing,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email