Nanas Dapat Di Olah Menjadi Berbagai Macam Produk Makanan

oleh -320 views

Prabumulih, investigasinusantara.com – Wali Kota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM melakukan panen raya Nanas lokal yang dikelola oleh petani milenial Patih Galung dan petani Karang Jaya. Rabu, 31/03/2021.

“Buahnya bisa dimakan langsung dan diolah berbagai jenis produk makanan. Sedangkan bagian lainnya seperi daun bisa menjadi serat nanas,” ujar dia.

Nanas beserta turunannya, kata Ridho dapat memberikan nilai ekonomis yang tinggi dengan catatan dikelola secara baik. “Produk makanan nanas bisa di pasarkan di Indomaret. Makanya, perlu kemasan baik dan juga menjaga kualitas. Penuhi, standar kualitas untuk pemasarannya,” jelas dia.

Lebih lanjut Ridho mengatakan, kedepan, Nanas tidak hanya menjadi tanaman tumpang sari semata. Namun harus menjadi tanaman unggulan di Prabumulih.

“Tidak lagi dibudidayakan sebagai tanaman tumpang sari karet, tetapi nanas bisa dikolaborasikan dengan tanaman lain. Seperti, tanaman pisang, jahe, dan lainnya. Kalau hanya tanaman tumpang sari, akan hilang sendirinya,” ucap dia.

Apalagi, nanas Prabumulih ini, kata dia, punya keunggulan sendiri yakni rasanya yang sangat manis sekali. “Ayo bantu petani Prabumulih, konsumsi nanas Prabumulih. Kalau semuanya semuanya mendukung, jelas semangat petani akan kembali besar dan Prabumulih akan kembali dikenal dengan sebutan Kota Nanas,” beber dia.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Prabumulih, Ir H Pribadi Roso Sarosa, luasan lahan kebun nanas yang dikelola oleh Parih Galuh yakni 4 hektar. “Selain menghasilkan buah nanas, kata dia juga sebagai sarana wisata buah. Harapannya, tingginya minat nanas memberikan semangat petani,” tandasnya. (edi)

Print Friendly, PDF & Email