Bupati OKu Timur Utus 5 Guru Matematika Asal OKU Timur Untuk Mengikuti Pelatihan STEM di Singapura

oleh -177 views
oleh

Martapura, IN – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten di bidangnya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. mengutus 5 guru matematika untuk mengikuti pelatihan “Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)” di National Institute of Education (NIE) Singapore. Jum’at, 20 Oktober 2023.

Dilepas di Puri Sebiduk Sehaluan, kelima guru berprestasi tersebut akan mengikuti pelatihan mulai tanggal 23 hingga 27 Oktober 2023.

Adapun kelima guru tersebut adalah Siti Mulazimatul Khoeriah dari SMP Negeri 1 Belitang, Budiarti dari SMP Negeri 1 Martapura, Indri Astuti dari SMP Negeri 4 Martapura, Ida Rasuani dari SMP Negeri Madang Suku I dan I Nyoman Hantoni dari SMP Negeri 3 Semendawai Timur.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Enos mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi diri, “Ini merupakan visi utama saya dalam OKU Timur Maju Lebih Mulia.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati OKU Timur Launching Kampung Literasi Kabupaten OKU Timur

Bupati membagikan pengalamannya ketika dirinya diutus Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Dalam Negeri untuk mengikuti Digital Leadership Academy di Singapore pada tahun 2022.

“Ketika saya diutus negara, saya sangat memaksimalkan kesempatan itu, selama mengikuti pelatihan ternyata kedisiplinan dan kinerja yang menjadi utama.” Imbuhnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga mengatakan bahwa Kabupaten OKU Timur menjadi salah satu dari 4 Kabupaten/Kota yang mendapatkan tawaran untuk mengirimkan pelajarnya mengenyam pendidikan di Beijing China dan Cairo Mesir.

“Ini harus dimanfaatkan, saya harapkan masyarakat Kabupaten OKU Timur ada yang berminat untuk mengenyam pendidikan di negara tersebut.” Harapnya.

Baca Juga :  Pj Bupati OKU dampingi Gubernur Sumsel Meresmikan Masjid Hj. Percha Leanpuri

Dilanjutkan Bupati, kegiatan ini merupakan pertama kalinya Kabupaten OKU Timur meningkatkan kualitas SDM nya ke luar negeri khususnya di Bidang Pendidikan, “Ini merupakan percontohan, jika kesempatan itu hadir lagi saya minta kepada Disdikbud untuk mengatur budgetingnya agar kita bisa Go Internasional.” Tegas Bupati.

Bupati berharap kepada kelima guru tersebut ketika pulang untuk menularkan ilmunya kepada guru-guru lainnya, “Apa yang didapat semoga dapat diterapkan dan diselaraskan di Kabupaten OKU Timur.” Tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakimin, S.Pd., M.M. dalam laporannya mengatakan bahwa ini merupakan tindaklanjut dari instruksi Bupati untuk dapat mengikuti kegiatan peningkatan mutu.

“Ini tindaklanjut hasil dari Pak Bupati mengikuti pertemuan di kementerian bersama APKASI yang telah disampaikan dengan Disdikbud, maka kewajiban kami dari Disdikbud adalah menganggarkan dan menyeleksi tenaga pengajar untu diberangkatkan ke Singapore dan semua biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur.” Ucapnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Ibu Ke 95 Tahun 2023, GOW dan DPPPA Berhasil Buat Haru Undangan Yang Hadir

Dalam kesempatan yangsama, Siti Mulazimatul Khoeriah dari SMP Negeri 1 Belitang mewakili timnya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Enos yang telah memberikan kesempatan kepadanya.

“Kami sangat senang, ini merupakan anugerah yang luar biasa karena diberi kesempatan, biaya, motivasi dan lainnya sehingga kami bisa belajar di Singapore, terimakah Pak Bupati Enos.” Pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Enos turut menyerahkan uang saku masing-masing Rp 4.500.000,-.

Turut hadir Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hj. Sri Suhartati, S.E., M.M. dan Kepala BKPSDM Sutikman, S.Pd., M.(***)

Print Friendly, PDF & Email