Bupati OKU Timur Cegah Stunting Melalui GEMARIKAN

oleh -84 views

Stunting

OKU Timur, IN Pemerintah Kabupaten OKU Timur terus berupaya menurunkan dan Pencegahan Stunting di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan. Salah satu upaya Pemkab OKU Timur melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (DISKANNAK) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur mengadakan Kegiatan Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Skala Micro dan Kecil dengan Lomba Masak Pindang Gembira dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). Bertempat di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Rabu, 10/08/2022.

Stunting
Foto Pembukaan lomba Masak Pindang Gembira, Penandatanganan MoU PKK OKU Timur Dengan BNNK OKU Timur, serta Pembagian Hadiah Lomba.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati OKU Timur, Ketua dan Wakil ketua TP PKK OKU Timur, Waka Polres OKU Timur, Kajari OKU Timur, Kacab BSB Martapura, Kepala BNK OKU Timur, Kepala Ombusdman Sumsel, Ka. Diskannak, Ka. Dispertan, Ka. Ketpang, Ka. Dinkes, Ka. DPPPA. Ka. PMD, Ka. Disperindag, Ka. Dinkop dan UKM, Ka. Diskominfo, Ka. BPBD, Ka. BPKAD, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Camat Se-Kab. OKU Timur dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Perikanan Kabupaten OKU Timur, Sutrisno, S.E. M.M. melaporkan, bahwa Potensi perikanan di OKU Timur dapat dijadikan modal kehidupan, kemudian program gerakan masyarakat makan ikan ini diharapkan mampu mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, selain itu untuk memperkenalkan bahan baku olahan ikan kepada masyarakat luas serta mengingatkan tentang pentingnya gizi ikan dalam pencegahan Stunting.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr. Hj. Sheila Noberta, SpA. MKes mengatakan, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi sejak dalam kandungan hingga anak usia kurang 2 tahun, dengan mengkonsumsi pangan yang sesuai dan baik gizinya, dapat mengurangi resiko terjadinya stunting sejak dini dan harapan hidup menjadi lebih baik.

Lanjutnya, TP PKK melalui Pelaku UMKM diharapkan dapat menjadi Inovator dalam pemanfaatan ikan sebagai bahan olahan pangan yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan kelompok dengan memanfaatkan kearifan sumber daya lokal masing masing wilayah.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan hari ini tentunya saya harap akan berdampak positif terhadap peningkatan jiwa kewirusahaan ibu-ibu PKK dalam menciptakan produk-produk yang berasal dari protein hewani dalam hal ini ikan, dengan memanfaatkan potensi ikan yang ada di wilayah masing-masing. Untuk semua ibu-ibu PKK dan semua yang hadir, siapapun kita, apapun peran kita mari berikan versi terbaikmu, mari bergerak, berdaya dan berdampak untuk mewujudkan OKU Timur maju lebih mulia,” ucapnya.

Dalam sambutan Bupati OKU Timur, H. Lanosin, ST mengatakan, OKU Timur merupakan penghasil ikan patin terbesar di Sumatera. Tetapi mutunya harus kita perbaiki, sehingga kita mengadakan lomba ini, agar Kualitas ikan dapat langsung diuji coba oleh para juri. Maka menghasilkan hasil yang baik dan layak untuk dikonsumsi.

“Gemar makan ikan ini harus terus disosialisasikan kepada anak anak, kepada bapak bapak juga. Kalau olahannya tidak baik dan mutu ikan tidak baik, sayapun tidak bisa untuk memakan ikan tersebut. Tapi dalam lomba ini bagaimana caranya kita bisa berinovasi. Agar anak suka makan ikan,” ungkapnya.

Stunting
Foto Para Juri mengumumkan juara lomba masak pindang gembira

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba masak ikan, antara lain Juara 1 Kecamatan Belitang Madang raya, Juara 2 Kecamatan Belitang, Juara 3 Kecamatan Semendawai Suku III, Juara Harapan 1 Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Juara Harapan 2 Kecamatan Semendawai Barat, Juara Harapan 3 Kecamatan Bunga Mayang, dan Juara Favorit Bupati OKU Timur Kecamatan BP Peliung, Juara Favorit Ibu Bupati OKU Timur Kecamatan Madang Suku I.

Print Friendly, PDF & Email