Bupati Didampingi Ketua TP PKK OKU Timur Buka Acara Temu Usaha Kemitraan 2024

oleh -362 views
oleh
Alt"usaha"

OKU Timur, IN Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) menggelar Temu Usaha Kemitraan di Aula Graha Hotel Parai Puri Tani Martapura. Selasa, 06/08/2024.

Kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan UMKM di Bumi Sebiduk Sehaluan, dengan mengusung tema “Melalui Temu Usaha Kemitraan, Kita Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas, Menuju Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia” dihadiri langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T (Enos) didampingi Ketua TP PKK dr. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes.

Dalam laporannya, Kepala DPM-PTSP OKU Timur Sonpiyani, SE. M.M menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah Membangun komunikasi antara pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada diwilayah Kabupaten OKU TIMUR dengan pengusaha besar untuk mengatasi kendala baik dari sisi permodalan maupun pengembangan usahanya.

Baca Juga :  Bupati Enos Tutup Bimtek Siskeudes

Memfasilitasi dan mendorong terjalinya kesepakatan kerjasama kemitraan antara pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pengusaha besar agar berlangsung secara berkelanjutan juga menjadi salah satu tujuannya.

Selain itu, menurut Sonpiyani tujuan lainnya adalah “Mendorong UMKM untuk terus belajar serta meningkatkan manajemen dan kualitas produknya sesuai dengan keinginan pasar dan Memfasilitasi para Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk memdapatkan legalitas usahanya”, ungkapnya.

Kepala DPM PTSP Provinsi Sumsel diwakili Kabid Perencanaan, Ismail, S.Kom., M.Si. menyampaikan apresiasi dan rasa bangga mewakili Pemerintah Provinsi atas terselenggaranya kegiatan Temu Usaha Kemitraan di Kabupaten OKU Timur. Menurutnya kegiatan ini akan membawa dampak yang sangat baik untuk perkembangan dan kemajuan UMKM agar bisa naik kelas.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Lahat Sambangi Desa Nanjungan

“Temu Usaha Kemitraan ini tentu memiliki peran yang sangat signifikan untuk mendukung UMKM agar bisa naik kelas, karena di kegiatan ini diikuti juga oleh Usaha-usaha besar yang siap berkolaborasi dengan UMKM dan membagikan pengetahuan terkait kewirausahaan,” ujarnya.

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengucapkan terimakasih kepada DPM PTSP yang telah menyelenggarakan acara Temu Usaha Kemitraan ini. Ia berharap dengan kegiatan yang diikuti Pelaku UMKM dan Pelaku Usaha Besar akan meningkatkan perkembangan usaha di OKU Timur sehingga berdampak kepada kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

“Perlu diketahui bahwa UMKM bisa menurunkan angka kemiskinan di OKU Timur, maka pada 2023 lalu peran UMKM menekan angka kemiskinan ekstrim sampai 0% sehingga tidak ada lagi miskin ekstrim di OKU Timur. Contoh kemitraan yang perlu kita tingkatkan dan kembangkan seperti kemitraan antara produksi cabai dengan PT. Indofood sehingga pemasaran panen cabai dapat terus berjapan lancar,” ujarnya.

Baca Juga :  Kawali Bakal Gugat Musi Prima Coal dan Sindikasinya Rp2 Triliun, Dibagikan Untuk Masyarakat Tiga Kabupaten

Bupati Enos melanjutkan, “Masih banyak lagi kemitraan yang harus dijalin dan dipantau, seperti produk beras, olahan makanan ringan, produk lokal sabun cuci piring dan lainnya. Berbicara Kesejahteraan masyarakat melalui pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan serta perdagangan termasuk UMKM maka Pemerintah Kabupaten akan selalu berupaya memberikan support penuh,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku usaha dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Usaha Kemitraan di OKU Timur. Dengan terjalinnya kemitraan yang berlangsung, Bupati Enos berharap OKU Timur dapat Maju dalam Kemuliaan dan Mulia dalam Kemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *