Bupati dan Wakil Bupati Buka Forum Konsultasi Publik Rencana Awal RKPD Kabupaten OKU Timur 2024

oleh -252 views
oleh

OKU Timur, INBupati OKU Timur Ir. H. Lanosin membuka langsung Forum Konsultasi Publik Rencana Awal RKPD Kabupaten OKU Timur Tahun 2024 bertempat di Bina Praja II, Selasa 07 Februari 2023.

Dalam kesempatan ini bupati meminta agar semua organisasi perangkat daerah agar bersatu untuk membangun daerah dan merencanakan pembangunan secara matang.

“Dalam perjalanan yang panjang kepemimpinan saya sangat luar biasa, sudah sepakat dalam perencanaan semuanya harus terukur,” Tutur Bupati.

Bupati Enos melanjutkan, ukuran maju itu anggkanya ada di BPS sementara mulia itu angkanya ada di Kementrian Agama, sebagai acuan kita dalam perencanaan pembangunan sesuai dengan visi dan misi.

“Banyak yang harus diselesaikan salah satunya yaitu stunting yang bukan hanya persoalan daerah tapi juga persoalan nasional, pemerintah harus menekan angka stunting dengan berbagai cara,” katanya.

Baca Juga :  GIAT BAKSOS SERENTAK 32 TAHUN PENGABDIAN AKABRI 88/ W84 POLRES OKU TIMUR

Ditambahkan Bupati, apakah persoalannya puskesmas tidak berjalan, apakah soal kesehatan dan gizi masyarakat, untuk pemerintah membutuhkan inovasi guna menekan angka stunting.

“Kemudian angka kemiskinan ekstrim, penganguran harus ditekan angkanya menjadi turun, dan untuk angka harapan sekolah sudah bagus dan perlu ditingatkan dan dilanjutkan program pendidikannya,” Ungkapnya.

“Untuk menekan angka kemiskinan ekstrim para OPD agar menyesuaikan programnya untuk masyakat, pemerintah berupaya untuk mengangkat angka kemiskinan salah satunya pembukaan Bazzar UMKM di 6 zona pada saat hari ulang tahun kemarin.”Lanjutnya.

Dikatakannya, menurunkan angka kemiskinan itu dengan tiga cara yaitu meningkatkan daya beli masyarakat, pendidikan yang merata serta menekan angka penganguran.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Menjelang Natal,Kapolres Bersama PJU Polres OKU Timur Tinjau Sejumlah Gereja

“Berikan beasiswa untuk tenaga pengajar tujuannya untuk peningkatan SDM, berikan juga untuk siswanya terutama siswa miskin yang masuk dalam DTKS,” Ungkapnya

Untuk menurukan pengangguran kuncinya adalah investasi, dengan mendatangkan investor ke OKU Timur. Untuk itu butuh dorongan dari semua pihak.

“Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dan Gerakan Merdeka Pangan di Hati Perempuan harus kita dukung secara bersama sama untuk mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembanguna dan Penelitian Perkembangan Maryus Markus Firdaus, S.STP. mengatakan tujuan diadakan acara ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran dari seluruh pangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan awal RKPD OKU Timur.

“Ada bebrapa isu nasional yang harus diseleikan dan masuk dalam penuntasan perencanaan yaitu penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan SDM dan penurunan stunting, pemerataan insfrastruktur dan peningkatan reformasi dan birokrasi,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Siapkan Tanjung Enim Jadi Kota Wisata, PTBA Hadirkan Waterpark

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama pengunaan pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim serta penandatanganan MoU dengan perguruan tinggi terkait penelitian dan pengembangan.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Dafitson, S.IP., M.M., Bupati OKU Timur Periode 2016 – 2021 KH. Kholid Mawardi, Kepala BPS OKU Timur Ir. Budiriyanto, M.A.P., Kepala Perguruan Tinggi se OKU Timur, para Kepala OPD, Direktur PUD Agrobisnis Nardianto serta perwakilan dari Bappeda Provinsi Sumsel.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Bappeda Provinsi Sumsel dan Diskusi Kebijakan Pembangunan Daerah.(***)

Print Friendly, PDF & Email