Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Resmi Ditutup di Zona 3

oleh -137 views
oleh

OKU Timur, IN – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Sat Pol PP dan Linmas mangadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan Kabupaten OKU Timur Tahun 2024 untuk Zona III Martapura.

Pembukan Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan Kabupaten OKU Timur Tahun 2024 Zona 3, ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Bupati OKU Timur.

Turut mendampingi Kasat Polpp dan Linmas Drs Vikron Usman MM, Unsur Forkopimda danForkopimda Plus. Kepala BKPSDM Sutikman, S.Pd. M.M., Kepala Diskominfo Hj. Sri Suhartati, S.E. M.M., Kepala Kesbangpol Faizal, SKM. M.M., dan Camat Martapura Herlius, S.Sos., M.Si. Anggota KPU, Bawaslu,

Baca Juga :  Bupati OKU Timur Hadiri Bimtek P4GN BNNK

Dalam laporannya, Kasat Polpp dan Linmas Drs. Vikron Usman, M.M. menyampaikan, kegiatan Bimtek diselenggarakan dalam rangka implementasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat di Kabupaten OKU Timur dan upaya meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjalankan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab.

Drs. Vikron juga menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh Anggota satlinmas Desa sebanyak 2.178 orang anggota Satlinmas Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan pada tanggal 7, 8, dan 9 Februari 2024 yang terbaik menjadi tiga zona, yaitu Zona 1 Belitang , Zona 2 Semendawai Barat, dan Zona 3 Martapura serta Pembukaan hari ini dilaksanakan sekaligus dengan penutupan di Balai Rakyat Setda OKU Timur.

Baca Juga :  Peringati HPN Insan Pers Kota Prabumulih Bantu Pemasangan Wi-fi dan Rumah Budidaya Maggot di Taman Edagi

Sementara itu, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, “Satlinmas merupakan tugas mulia. Saya pun bangga ketika mengenakan seragam Satlinmas, penuh wibawa. Satlinmas harus sukses membantu penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Bawaslu, dibantu juga oleh Personil TNI Polri, namun garda terdepannya adalah Satlinmas, artinya Satlinmas harus berkoordinasi dengan TNI Polri dalam pengamanan ketertiban pemilu dan pilkada 2024”, ujarnya.

Dalam Bimbingan dan Arahannya itu, Bupati Enos mengatakan, “Perkembangan dinamika politik yang diperkirakan akan terus meningkat menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024, maka Satlinmas yang telah saya Lantik dan diambil sumpahnya diharapkan dapat berpartisipasi dalam mendukung kelancaran proses Pemilu dan Pilkada 2024 ini”, ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Enos Pimpin Rakor Pemutahiran Data Penerima PKH

Ia menyampaikan, berdasarkan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satlinmas Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan penyelenggaraan pemilu, Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan termasuk di TPS dan Pengawalan Logistik, baik di Pos maupun saat penghitungan suara.

Bupati Enos juga berujar bahwa Kerjasama Erat dengan Koordinator dari TNI dan Polri akan menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan pemilu yang aman dan kondusif. Maka, menurutnya Bimtek tersebut sangat penting untuk memberi pemahaman Tupoksi Satlinmas, dan Menjaga Netralitas. di akhir pidatonya, Bupati Enos secara resmi menutup Bimtek tersebut.

Print Friendly, PDF & Email