BAZNAS OKU Timur Serahkan Bantuan Beasiswa Sarjana

oleh -596 views
(alt="") baznas

OKU Timur, investigasinusantara.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten OKU Timur melaksanakan program “OKU Timur Cerdas” bagi masyarakat Kabupaten OKU Timur yang kurang mampu tetapi memiliki prestasi.

Hal tersebut terlihat dengan terselenggaranya Acara Penyerahan Bantuan Beasiswa Sarjana S-1 BAZNAS Kabupaten OKU Timur Tahun 2021 kepada 15 orang mahasiswa mahasiswi di OKU Timur antara lain ;

  • 10 orang mahasiswa/mahasiswi dari STKIP Nurul Huda
  • 3 orang mahasiswa/mahasiswi dari STIT Nahdatul Ulama
  • 2 orang mahasiswa/mahasiswi dari STIT Misbahul Ulum

Dalam laporan Ketua panitia M. Arif menjelaskan tentang proses seleksi. Mulai dari tahap awal hingga akhir ada dua tahap seleksi.

Seleksi pertama administrasi secara online yang pendaftarannya dibuka pada tanggal 15 Februari sampai 10 Maret 2021, dan ada 72 pendaftar yang sudah masuk mendaftar. Namun ada 49 orang yang gugur saat seleksi administarsi online pada tanggal 11-12 Maret. Karena ada yang bukan warga OKU Timur, atau warga OKU Timur tetapi kuliah di kampus yang ada di luar OKU Timur. Karena program beasiswa Baznas hanya untuk warga OKU Timur yang berkuliah di kampus yang ada OKU Timur.

Setelah itu terpilih sebanyak 23 orang yang berhak masuk ke tahap seleksi kedua yakni seleksi survei faktual. dimana dalam seleksi faktual. Panitia akan mensurvei kerumah calon peserta satu persatu. Untuk melakukan penilaian dari segi materi yang dimiliki peserta. Apakah benar-benar layak dibantu karena dari segi perekonomian kurang mampu atau tidaknya.

“Sehingga dari 23 mahasiswa yang telah kami survei ada 15 orang yang lolos dan berhak menerima bantuan zakat dari kami. dan itu kami salurkan pada tanggal 30 Maret 2021.” Tutupnya.

(alt="") baznas

Sementara dalam Sambutan Ketua BAZNAS OKU Timur, Drs. H. Syahri, MM sekaligus menjelaskan mengenai akad hak dan penerima bantuan beasiswa.

Kalo hak yakni isi dari apa saja komponen bantuan yang akan didapat oleh mahasiswa, Yakni ;

1. Biaya SPP/ UKT
2. Pembelian Paket Data Internet
3. Biaya wisuda

“Jadi mahasiswa ini akan kami tanggung dari semester 4 hingga wisuda, karena pada dasarnya bantuan beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang menginjak semester 4.” Tuturnya.

Selain itu kewajibannya adalah, Mereka bersedia dibina oleh BAZNAS, dan siap menjadi relawan BAZNAS Kabupaten OKU Timur.

“Jika sewaktu-waktu kami perlu tenaga tambahan saat menyalurkan bantuan kemasyarakat maka kami bisa meminta bantuan mereka.” Terangnya.

Print Friendly, PDF & Email