Plh Bupati OKU Canangkan Desa Cantik

oleh -563 views
oleh

Batumarta, investigasinusantara.com – Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Acara Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Betempat di Desa Batumarta I, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU. Selasa, 29/06/2021.

Turut Hadir Dalam acara ini, Mewakili Kepala BPS Provinsi Sumsel, OPD Terkait, Kepala BPS OKU, Camat Lubuk raja, Kapolsek, Danramil, Kades, Batumarta 1, BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Serta Undangan Lainnya.

Kepala BPS Provinsi Sumsel yang di wakilkan oleh Kordinator Fungsi Statistik Produksi Irwanto, S.Si, M.Si., Menyampaikan, Salah satu kewajiban BPS adalah memberikan pembinaan kepada K/L/D/I melalui sistem statistik nasional (SSN) yang berkesinambungan termasuk sampai dengan tingkat desa. Oleh karena itu pada tahun 2021 ini BPS merancang suatu program pembinaan statistik sektoral tingkat desa melalui program Desa Cantik (Cinta Statistik) Bekerja sama dengan Kementerian terkait yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Pembinaan Desa Cantik Statistik ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data statistik, sehingga mampu menghasilkan data faktual dan valid yang lebih baik. Dan juga mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan ekonomi desa seperti yang di harapkan pemerintah. Sosialisasi kegiatan ini dengan menggandeng 3 OPD yakni dinas PMD, Dukcapil dan Diskominfo pada tanggal 16 juni 2021 lalu telah dilaksanakan dan langsung di hadiri oleh 3 OPD terkait.” Jelasnya.

Sementara, Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan, Banyak manfaat yang dapat di peroleh dari program Desa Cantik ini, seperti tersedianya data yang mutakhir pada suatu sistem aplikasi profil desa yang bersifat mikro.

Dengan data yang mutakhir perencanaan pembangunan desa dapat lebih tepat sasaran program pengentasan kemiskinan. Kemudian tersedianya data yang mutakhir pada aplikasi sistem informasi pembangunan berbasis masyarakat (SIPBM).

Edward Candra mengharapkan seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten OKU dapat mengikuti langkah yang telah dilakukan Desa Batumarta 1, menjadi Desa Cantik sehingga proses perencanaan pembangunan di setiap Desa/Kelurahan lebih baik lagi.

“Untuk itu perlu kerja sama dan kordinasi yang baik dan berkelanjutan antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Dukcapil, Bappelitbangda, BPS, dan instansi terkait.” Tutupnya. (***)