Desa Kedung Rejo dan Desa Sumber Asri Lakukan Trial Pengecoran JUT dan TPT

oleh -294 views
oleh

OKU Timur, IN – Kecamatan Buay Madang Timur melalui Desa Kedung Rejo dan Desa Sumber Asri Kabupaten OKU Timur melakukan pengecoran Jalan Usaha Tani (JUT) dan pemasangan Talut Penahan Tanah (TPT) menggunakan anggaran Dana Desa tahap satu di tahun 2024 yang nilainya mencapai Ratusan juta rupiah. Jumat, 08/03/2024.

Saat dibincangi Awak Media Kepala Desa Kedung Rejo yang merupakan Ketua Forum Kades Se-Kecamatan Buay Madang Timur Muhammad Akbar Assodiq menerangkan bahwa ada 4 titik Trial Pembangunan di Desa Kedung Rejo antara lain ;

  • Pengecoran jalan usaha tani yang berlokasi di Dusun 01 sepanjang 233 M, lebar 2,5 M,tinggi 0.15 M dengan anggaran biaya Rp 159.652.200.
  • Pembangunan jalan desa di dusun 02 dengan panjang 300 M, Lebar 1 M dan tinggi 0.15 M dengan rincian biaya Rp 85.602.000.
  • Pembangunan jalan desa di dusun 04 dengan panjang 30 M, Lebar 2,5 M dan tinggi 0.15 M dengan biaya Rp 19.350.000.
  • Penimbunan tanah sepanjang 300 M, lebar 1.9 M, tinggi 0.90 M dengan anggaran biaya Rp 57.836.200.

“Semoga dengan pembangunan jalan dan penimbunan tanah tersebut membuat masyarakat Kedung Rejo merasa lebih aman dan nyaman saat melintasinya, serta dengan dibangunnya jalan tersebut juga akan sangat berdampak sekali terhadap peningkatan perekonomian masyarakat ke depannya,” ucap Kades muda tersebut.

Sementara Kades Sumber Asri Supriadi yang merupakan seorang pensiunan Guru juga menerangkan, untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar, yang mayoritas mata pencahariannya sebagai buruh dan para petani, Desa Sumber Asri melakukan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan panjang 185 M, lebar 0.20 M dan tinggi 1 M dengan anggaran biaya Rp 165.305.600. dan dikerjakan secara Swakelola (dikerjakan oleh warga masyarakat setempat).

“Pembangunan kita laksanakan dengan mempekerjakan masyarakat yang tidak bekerja atau sedang menganggur, cara ini juga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal, karena masyarakat lebih mengerti dan akan lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan, yang nantinya akan mereka gunakan sendiri manfaatnya,” terang Supriadi selaku Kades Sumber Asri.

Kedua Kades Desa Kedung Rejo dan Kades Sumber Asri bersyukur dan menyampaikan bahwa dengan anggaran Dana Desa (DD) ini pembangunan jalan Desa yang selama ini belum tercover oleh anggaran-anggaran yang lain, kini bisa dibangun dan terwujud.

“Aljamdulillah, semoga dengan dibangunnya jalan serta Tembok Penahan Tanah yang menghabiskan anggaran dana sebesar tersebut masyarakat Kedung Rejo dan masyarakat Sumber Asri dapat menggunakan dan menjaganya agar jalan tersebut awet dan tahan lama,” harapan kedua Kades di Kecamatan Buay Madang Timur. (Kiwan)