BKPSDM Muara Enim Layangkan Surat Ke Empat Instansi Pansel Sekda

oleh -555 views
oleh

MUARA ENIM, IN – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim akan berakhir pada 31 Januari 2021 mendatang. Menyikapi hal tersebut Pemkab Muara Enim melalui BKPSDM telah Melayangkan surat kepada empat intansi dan segera akan membentuk tim Panitia seleksi (Pansel). Guna menyeleksi ASN yang masuk kriteria untuk menduduki jabatan in

 

Kepala BKPSDM Muara Enim Harson Sunardi saat dihubungi media ini melalui pesan singkatnya menerangkan. Bahwa pihaknya telah mengirimkan surat permintaan ke empat instansi yaitu Unsri, UIN dan Kemensos dan Pemerintah Provinsi (Pemprov). Serta progres pengusulannya sampai hari ini masih menunggu persetujuan KASN.

“Untuk menjadi tim Pansel Sekda Muara Enim, biasanya akan ada nama yang ditunjuk dari instansi masing-masing untuk mewakili instansi yang bersangkutan menjadi tim Pansel. Dimana Tim Pansel ini nantinya akan terdiri dari Unsri, UIN dan Kemensos yang diwakili masing – masing satu orang, sedangkan dari Pemrov Sumsel sebanyak dua orang.” Ungkapnya Rabu, 13/01/2020

Lanjut Harson, setelah tim Pansel Sekda Muara Enim terbentuk, tim ini akan menyeleksi nama-nama ASN yang masuk ke Pansel.

“Ketika Tim ini dibentuk maka akan melakukan seleksi terhadap nama yang masuk, baik itu dari lingkup Pemkab Muara Enim maupun dari luar.” Jelasnya.

Ditambahkan Harson, jika melihat dari aturan dasar ada 23 orang pejabat di lingkup Pemkab Muara Enim yang memenuhi kriteria ini.

“Kalau dari aturan ada 23 ASN yang memenuhi kriteria. Namun jika Pansel menetapkan aturan tambahan yang tidak melanggar undang-undang, misalnya harus pernah menjabat dua kali jabatan eselon II, maka yang berpeluang maju menjadi calon Sekda ada 9 orang yang ada di lingkup Pemkab Muara Enim. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan ada peserta dari luar daerah yang mengikuti seleksi. Bebernya.

Lebih lanjut Harson mengatakan, setelah Pansel melakukan seleksi, nantinya ada tiga nama yang akan diusulkan kepada Bupati Muara Enim.

” Siapa yang akan terpilih itu tergantung bupati dari tiga nama yang diusulkan nantinya.” Jelas Harson.

Sementara itu, Bupati Muara Enim H Juarsah SH. saat disambangi awak media membenarkan Pemkab Muara Enim melalui BKPSDM Muara Enim sudah membuat surat permintaan kepada Unsri, UIN, Pemprov Sumsel dan Kemensos untuk menjadi tim
Panitia Seleksi Sekda Muara Enim.

“Benar kita telah mengirimkan surat ke empat lembaga tersebut melalui BKPSDM untuk menjadi Pansel Sekda Muara Enim.” Kata Juarsah.

Terakhir Juarsah berharap seleksi sudah bisa dilaksanakan dalam waktu dekat, sehingga ketika jabatan Sekda yang lama berakhir pejabat Sekda yang baru sudah ada.

”Jabatan Sekda ini sangat penting dan strategis, dan kita berharap tidak
terjadi kekosongan. Karena hal tersebut kita telah melakukan langkah ini, dengan membentuk Pansel serta meminta persetujuan KASN.” Pungkasnya.