H. Herman Deru ; Pers Adalah Pilar Demokrasi, Tetap Independen

oleh -553 views
oleh

Banyuasin, investigasinusantara.com – Gubernur Sumsel H. Herman Deru Menghadiri Acara Puncak Peringatan HUT PWI Ke-75/HPN XLVII dan Porwarda Tingkat Provinsi Sumsel, Bertempat di Gedung Graha Sedulang Setudung Komplek Pemkab Banyuasin. Kamis, 24/06/2021.

Hadir dalam acara tersebut Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, Wakil Ketua Dewan Pers Hendri CH Bangun, Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Oktaf Riady, Ketua DPRD Sumsel, Bupati Banyuasin, Bupati Musi Rawas, Forkopimda Banyuasin, OPD Pemprov Sumsel, Kadin Kominfo OKU Priyatno Darmadi, S.Sos, M.Si., dan Kabag Prokopim Setda OKU Feri Iswan, AP, M.PA, Kadin Kominfo OKU Timur, Arfan Hermawan, Pengurus PWI Provinsi Sumsel dan Pengurus PWI Kabupaten/Kota Serta Undangan Lainnya.

Baca Juga :  Sebelum Rapat Paripurna, Plh Bupati OKU Tinjau Lokasi Kebakaran

Acara ini sendiri mengambil tema “memperkuat peran dan sinergi pers menuju banyuasin bangkit dan Sumsel maju” bertujuan mengingatkan kepada insan pers dan masyarakat di Sumsel bahwa peran dan fungsi serta tanggung jawab pers tegak lurus dengan peran dan tanggung jawab negara Indonesia dalam mencapai tujuan bernegara.

Gubernur Sumsel H.Herman Deru, Menyampaikan Pemerintah Provinsi Sumsel sangat peduli dan memberikan perhatian lebih pada seluruh insan pers di Sumsel.

Herman Deru meminta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat dan daerah menguatkan perlindungan hukum bagi awak media saat menjalankan tugasnya.

Baca Juga :  Pemkab OKU MoU Dengan PalTV

Herman Deru menekankan penguatan perlindungan hukum bagi para jurnalis ini penting agar mereka tenang dalam menjalankan profesinya. Sehingga dalam menjalankan tugasnya memproduksi dan menyampaikan informasi awak media dapat terhindar dari pelanggaran UU ITE dan pelanggaran kebebasan berpendapat.

“Saat ini profesi wartawan memiliki tantangan yang lebih besar. Sebab di era digital yang berkembang pesat, semua orang bisa menjadi wartawan.” Ungkapnya.

Untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan rekan media, Herman Deru menghimbau agar PWI Sumsel meningkatkan uji kompetensi wartawan sebagai syarat dan tolak ukur dalam menjalankan profesinya.

Baca Juga :  Plh Bupati OKU Rakor Pencegahan Korupsi, Bersama Gubernur Sumsel dan Ketua KPK RI

Dengan demikian diharapkan kedepan awak media semakin berintegritas membangun bangsa. Selain itu Herman Deru juga meminta Pers sebagai salah satu pilar demokrasi tetap independen serta memberikan sumbangsih lebih nyata untuk pembangunan negara khususnya Sumsel dengan perbuatan yang nyata.

“Wartawan adalah mitra pemerintah dengan kontribusi yang sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan saat ini. Tanpa komunikasi dan informasi yang disampaikan oleh wartawan maka masyarakat tidak akan banyak mengetahui apa yang terjadi hari ini dan program-program pembangunan apa saja yang telah dilakukan pemerintah.” Pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email